alexametrics

Warga dan TNI Gelar Prosesi Bakar Batu saat Buka TMMD di Timika

loading...
Warga dan TNI Gelar Prosesi Bakar Batu saat Buka TMMD di Timika
Prosedi adat bakar baku saat pembukaan TMMD ke-105 di Kampung Mandiri Maya, Distrik Wania, Timika, Mimika, Papua, Rabu (10/7/2019). Foto/iNews TV/Nathan Making
A+ A-
TIMIKA - Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Kampung Mandiri, Maya Distrik Wania, Timika, Mimika, Papua ditandai dengan prosesi adat bakar batu, Rabu (10/7/2019).

Prosesi adat bakar batu dibuka oleh Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan dan dihadiri oleh para prajurit TNI dan seluruh warga Kampung Mandiri Jaya.

Menurut adat masyarakat Papua, bakar batu merupakan prosesi adat untuk duduk makan bersama guna menjalin tali persaudaran serta menyatakan sikap.



Saat proses bakar batu itu berlangsung terpantau para prajurit TNI bersama warga setempat bergotong royong.

Sementara itu, prajurit TNI bersama warga juga melakukan tarian adat, di mana warga setempat menerima kehadiran TNI di tengah-tengah mereka untuk melakukan kegiatan TMMD ke-105.
Warga dan TNI Gelar Prosesi Bakar Batu saat Buka TMMD di Timika

Seusai melakukan tarian adat, kemudian TNI dan warga setempat duduk makan bersama dan menyatakan sikap untuk membangun Kampung Mandiri Jaya melalui program TMMD TNI yang sedang berjalan saat ini.

Sementara itu salah satu warga, Renike Mirib mengaku senang dengan adanya kegiatan TMMD. Selama ini, kampungnya minim fasilitas umum karena baru terbentuk beberapa tahun yang lalu.

Kegiatan TMMD ini TNI akan melakukan pembangunan fisik seperti wc, kamar mandi, tempat cuci, penimbunan jalan, membuat sumur bor dan jembatan. Dia bersyukur karena fasilitas umum akan dibangun TNI melalui program TMMD yang sedang berjalan.

Renike menambahkan, Kampung Mandiri Jaya ini baru terbentuk dari warga yang sebelumnya bermukim di Kwamki Narama. Namun karena di Kwamki Narama terjadi konflik yang berkepanjangan, sehingga warga memutuskan pindah dan membentuk kampung yang baru yaitu Mandiri Jaya.

Pio L Nainggolan mengatakan, TMMD ini akan di laksanakan selama 30 hari, dan dilaksanakan secara serentak yang di ikuti sebanyak sebanyak 50 kodim di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan di Kampung Mandiri Jaya yakni penimbunan jalan, mck, sumur bor, hingga pembuatan jembatan.

Sedangkan nonfisik berupa penyuluhan pertanian dan perkebunan, peternakan, kb kesehatan, hukum dan narkoba, pemutaran film pembangunan dan pendidikan, serta penyuluhan HIV/AIDS.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak