5 Fakta Sudaryono, Anak Petani Grobogan yang Dilantik Jadi Wamentan

Jum'at, 19 Juli 2024 - 14:05 WIB
loading...
5 Fakta Sudaryono, Anak...
Sudaryono yang menjabat Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah dan mantan ajudan Prabowo Subianto dilantik menjadi Wamentan. Dia merupakan anak petani di Grobogan. Foto/SINDOnews/Raka Dwi
A A A
JAKARTA - Mendengar nama Sudaryono, sebagian orang mungkin masih tampak asing. Dia adalah Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah yang baru saja dilantik menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

Sudaryono dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Kamis (18/7/2024). Dia diplot untuk menggantikan Harvick Hasnul Qolbi.



Lebih jauh, siapa sebenarnya sosok Sudaryono ini? Simak sederet faktanya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Fakta Sudaryono yang Dilantik Jadi Wamentan

1. Anak Petani

Pada latar belakangnya, Sudaryono diketahui sebagai anak petani dari Dukuh Mangunrejo, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Orang tuanya bernama Yahyo dan Suwarni.

Sudaryono sendiri lahir pada 23 Januari 1985. Artinya, saat ini usianya sudah menginjak 39 tahun.

2. Punya Riwayat Pendidikan Mentereng


Riwayat pendidikan Sudaryono terbilang cukup mentereng. Ia diketahui pernah menimba ilmu di universitas ternama Jepang, yakni National Defense Academy of Japan pada 2004-2009.



Waktu itu, kesempatan Sudaryono untuk kuliah di Negeri Sakura didapat melalui program beasiswa. Beberapa tahun setelah pulang dari Jepang, dia melanjutkan pendidikan program S-2 Magister Manajemen di Swiss German University serta S-3 di Institut Pertanian Bogor.

3. Pernah Jadi Ajudan Prabowo Subianto


Beralih ke catatan kariernya, Sudaryono juga memiliki banyak pengalaman menarik. Tercatat, dia pernah menjadi ajudan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra yang juga Presiden RI terpilih Prabowo Subianto.



Melihat ke belakang, Sudaryono menjadi ajudan Prabowo pada 2010 atau tak lama setelah menempuh pendidikan di Jepang. Sepanjang tugasnya, dia banyak mengambil ilmu dan pengalaman, khususnya dalam hal-hal politik.

4. Catatan Karier Cemerlang


Pada catatan kariernya, Sudaryono pernah menjadi Corporate Secretary di Nusantara Energy pada 2014. Selain itu, dia juga sempat dipercaya mengisi posisi CEO Garuda TV pada 2018.

Selanjutnya, Sudaryono juga pernah menjabat posisi penting lain. Sebut saja seperti CEO PT Nusantara Telematics System dan Chairman PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma 2020.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)