Bea Cukai Tembilahan Musnahkan Barang Tangkapan Senilai Miliaran Rupiah

Selasa, 09 Juli 2019 - 15:16 WIB
Bea Cukai Tembilahan Musnahkan Barang Tangkapan Senilai Miliaran Rupiah
Bea Cukai Tembilahan Musnahkan Barang Tangkapan Senilai Miliaran Rupiah
A A A
TEMBILAHAN - Bea Cukai Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau memusnahkan barang hasil penindakan selama tahun 2018 hingga 2019 pada Rabu (3/7/2019). Sebanyak 11,9 juta batang rokok, 119 unit handphone, 90 unit laptop, ratusan karton barang elektronik serta barang-barang lain yang tidak dipenuhi izinnya dimusnahkan di halaman Kantor Bea Cukai Tembilhan.

“Total nilai barang yang dimusnahkan tersebut mencapai 13,3 milyar rupiah lebih dengan total kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebesar 6,2 milyar rupiah,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan Anton Martin dalam keterangan tertulis, Selasa (9/7/2019).

Pada kesempatan tersebut Bea Cukai Tembilahan juga menghibahkan 43 unit laptop sitaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir guna mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di wilayah Indragiri Hilir.

Anton menuturkan bahwa barang-barang yang dimusnahkan berasal dari 44 kali penindakan dalam kurun waktu 2018 hingga 2019. Ia juga berharap barang-barang yang dihibahkan dapat membantu pendidikan generasi muda khususnya di wilayah Indragiri Hilir.

“Wilayah Indragiri Hilir merupakan daerah rawan akan masuknya barang-barang ilegal karena letaknya yang strategis. Untuk itu, ke depannya kami berharap kolaborasi antara Bea Cukai dengan aparat penegak hukum dan seluruh elemen masyarakat dapat terus bersinergi demi membangun stabilitas nasional,” ungkapnya.

Kegiatan ini sebagai bentuk transparansi pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai terutama di bidang penindakan, serta mengajak masyarakat dan para pelaku usaha untuk menjalankan usaha secara legal, khususnya dalam kegiatan ekspor dan impor sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Pemusnahan ini juga merupakan bukti nyata Bea Cukai dalam melindungi masyarakat dan industri dalam negeri dari beredarnya barang-barang ilegal. Melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat menimbulkan efek jera kepada para pelanggar,” pungkasnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.2825 seconds (0.1#10.140)