Gempa Berpotensi Tsunami, BMKG Imbau Masyarakat Tak Panik

Minggu, 07 Juli 2019 - 23:49 WIB
Gempa Berpotensi Tsunami, BMKG Imbau Masyarakat Tak Panik
Gempa Berpotensi Tsunami, BMKG Imbau Masyarakat Tak Panik
A A A
MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tidak panik.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henrry Mengko mengatakan gempa berkekuatan besar membuat BMKG mengeluarkan status waspada tsunami di beberapa wilayah di Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut).

Dia menyebutkan, di Sulut daerah waspada tsunami antara lain, Kota Bitung, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Selatan. Namun demikian Mengko mengimbau masyarakat tidak perlu panik

"Semuanya status waspada. Artinya ketinggian maksimum 0.5 meter, tidak perlu evakuasi. Mohon bantuannya untuk mengarahkan masyarakat agar tidak panik. Status peringatan dini waspada," ujar Mengko.

Sementara itu, Supardi salah seorang warga di Kotamobagu, mengatakan gempa terasa keras dan lama. "Pintu lemari sampai terbuka," ujar Supardi, Minggu (7/7/2019).

Susan, warga Manado juga merasakan hal yang sama, dimana air di bak kamar mandi sampai tumpah. Begitu juga dengan Clay warga Manado. "Air di aquarium hampir tumpah.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan besar menggoyang wilayah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut), sebanyak tiga kali. Guncangan gempa ini berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Berdasarkan catatan BMKG gempa pertama terjadi pukul 22.08.39 WIB berkekuatan 7,1 skala richter (SR) dengan lokasi 136 km barat daya Ternate, Malut. Titik kedalam gempa mencapai 10 km.

Gempa kedua terjadi dalam waktu bersamaan dengan gempa pertama, dengan kekuatan 7,1 SR dengan lokasi 135 km barat daya Ternate, Malut dengan ke dalaman 10 km.

Sedangkan gempa ketiga terjadi pukul 22:08:42 WIB berkekuatan 7,0 SR dengan lokasi 133 km barat daya Ternate, Malut dengan kedalaman 36 km.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8309 seconds (0.1#10.140)