alexametrics

PPIH Embarkasi Surabaya Sita Ribuan Rokok serta Obat dari Koper Calhaj

loading...
PPIH Embarkasi Surabaya Sita Ribuan Rokok serta Obat dari Koper Calhaj
PPIH Embarkasi Surabaya memeriksa koper calhaj Madura, saat tiba di Asrama Haji Surabaya, Jawa Timur, Minggu (07/7/2019). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A+ A-
SURABAYA - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Jawa Timur menyita ribuan rokok dari berbagai jenis merk, obat-obatan serta jamu dari koper calon jemaah haji (Calhaj) asal Pulau Madura, Minggu (7/7/2019).

Selama proses pemeriksaan, pemilik koper menyaksikan langsung. Selain rokok, petugas juga menyita obat-obatan dan jamu seperti obat kuat, pelangsing, jamu rumput fatimah, supertetra dan lain-lain.

Ketika ditanya alasan membawa barang tersebut, rata-rata pemilik koper mengaku dititipi saudaranya tanpa tahu barang apa yang dimasukkan ke dalam kopernya.



“Saya hanya dititipi barang oleh saudara. Saya tidak tahu isinya apa,” tutur Fajar Hanif, calhaj kloter 7 yang membawa puluhan jamu terbungkus rapi dalam balutan kerupuk dan beberapa slop rokok ini.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Jamal menjelaskan, calhaj hanya diperbolehkan membawa rokok maksimal 2 slop atau 200 batang, serta obat-obatan yang dikonsumsi atas rekomendasi dokter sesuai kebutuhan. “Lebih dari itu, akan menjadi barang sitaan negara,” ujar Jamal.

Sementara, Kepala Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Muhammad Budi Hidayat menuturkan bahwa para jemaah hanya diperbolehkan membawa obat-obatan atas rekomendasi dokter.

“Jemaah haji boleh membawa obat yang direkomendasi oleh dokter untuk dikonsumsi oleh jemaah. Ada izin membawa obat, sesuai kebutuhan selama berada disana, dikalkulasi kebutuhan selama disana, ya itu yang boleh dibawa,” paparnya.

Sekedar diketahui, ribuan barang sitaan tersebut didapati dari koper jamaah kloter 6 dan 7 asal Kabupaten Sumenep, serta kloter 8 asal kabupaten Bangkalan Madura. Koper-koper yang terdekteksi dari X-ray dikumpulkan di gudang Hall Zaitun dan Hall Mina untuk dibongkar satu persatu.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak