Kabupaten Jayapura Juara Favorit di Ajang Apkasi Otonomi Expo 2019

Minggu, 07 Juli 2019 - 12:57 WIB
Kabupaten Jayapura Juara Favorit di Ajang Apkasi Otonomi Expo 2019
Kabupaten Jayapura Juara Favorit di Ajang Apkasi Otonomi Expo 2019
A A A
JAKARTA - Kabupaten Jayapura meraih juara Favorit di ajang Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2019 di Jakarta Convention Center yang digelar sejak tanggal 3 s.d 5 Juli 2019.

Dalam pameran AOE 2019 kali ini Kabupaten Jayapura lebih difokuskan pada 3 komoditas utama, yaitu perkebunan, perikanan dan pariwisata. Untuk Komoditas Perkebunan lebih difokuskan pada komoditas kakao dan sagu serta produk olahannya; sektor perikanan, komoditas olahan ikan tangkap (Tuna), dan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mempromosikan destinasi wisata Teletubies dan Danau Love serta produk-produk kerajinan seperti Noken dan berbagai kerajinan kulit kayu.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat pembukaan pameran mengatakan, Kabupaten Jayapura memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan daerah lain. "Hal ini tentu menjadi potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Jayapura. Melalui kegiatan ini Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura bisa masuk ke dalam jaringan, sehingga produk dari seluruh daerah yang khas dan unik bisa menjadi produk unggulan daerah dan Indonesia.”

Selain kategori Favorit, penghargaan terhadap stan peserta pameran juga diberikan terhadap kategori spesial design, inspiratif dan stan kreatif, penilaian juga diberikan terhadap kategori Putri Otonomi Daerah dan kategori Apkasi Film Festival, sedangkan untuk Juara Umum diperoleh Kabupaten Bandung Barat.

Pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo (AOE) 2019 di Jakarta ini diikuti 417 Kabupaten dari seluruh Indonesia, telah ditutup secara resmi pada Jum'at (5/7/2019).

Penutupan diiringi oleh doa dipimpin oleh Ustadz Yusuf Mansur dengan dihadiri Ketua Apkasi terpilih tahun 2019 yaitu Bupati Banyuwangi Azwar Anas, yang berhasil mengubah branding Banyuwangi dari Kabupaten ‘santet’ menjadi Kabupaten ‘internet’. Juga ditutup dengan tarian dari Kabupaten Polewali Mandar sebagai tanda rangkaian acara AOE telah usai.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7532 seconds (0.1#10.140)