Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Kampung Literasi Kuli Maca Lebak Diresmikan

Minggu, 30 Juni 2019 - 13:59 WIB
Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Kampung Literasi Kuli Maca Lebak Diresmikan
Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Kampung Literasi Kuli Maca Lebak Diresmikan
A A A
LEBAK - Kampung Literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kuli Maca di Desa Warungbanten Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, tepatnya di rumah adat kaolotan Cibadak telah diresmikan pada Sabtu (29/6/2019).

Dalam kegiatan tersebut ditampilkan aneka kesenian tradisional yaitu gegender, rengkong, angklung buhun, dogdog lojor, pencak silat serta dihadiri oleh berbagai penggiat literasi dari provinsi banten dan 24 penggiat literasi dari 24 provinsi yang tengah mengikuti program residensi pegiat literasi se indonesia di Kabupaten Lebak.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kabupaten Lebak Asep Komar dalam sambutannya berharap usai peresmian kampung literasi, minat baca tulis dan berhitung masyarakat di kampung Cibadak desa Warung Banten akan lebih meningkat lagi salah satunya melalui penyediaan sudut-sudut baca sesuai dengan Instruksi Bupati Lebak Nomor 041/161-Diskerpus/III/2018 tentang Penyediaan Fasilitas Perpustakaan dan Sudut Baca pada Kantor Perangkat Daerah, Ruang-ruang Publik dan Lembaga-lembaga Pelayanan Masyarakat.

"Saya berharap kedepan dapat melihat anak-anak masyarakat kampung literasi ini sudah tidak lagi disibukan dengan gadget, tetapi mereka sibuk dengan membaca buku," ungkap Asep Komar.

Lebih lanjut Asep Komar menjelaskan, penerapan intruksi bupati merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan minat baca melalui Gerakan Lebak Cerdas dengan Membaca (GLCM) sebagai implementasi dari Program Lebak Cerdas.

"Melalui gemar membaca, diharapkan generasi muda anak-anak kita kedepan lebih baik dari generasi sebelumnya," ujar Asep Komar sebelum menutup sambutannya.

Sementara itu Untung, selaku Kasi Budaya Baca Subdirektorat Keaksaraan dan Budaya Baca Direktorat Bindiktara Dirjen Paud dan Dikmas Kemendikbud Ri mengatakan mengapresiasi dengan peresmian kampung literasi di kampung Cibadak Warungbanten lebak ini dan berharap kampung literasi ini mampu menghidupkan 6 literasi dasar

"Kampung literasi ini akan menjadi cikal bakal majunya literasi, majunya masyarakat Cibadak dan majunya Kabupaten Lebak," ujarnya.

Untuk diketahui TBM Kuli Maca Desa Warungbanten didirikan pada 3 juli 2016 bertempat di rumah adat kaolotan Cibadak yang diprakarsai oleh Pemerintahan Daerah Kasepuhan, tokoh Agama, pengusaha dan para intelektual muda Desa Warungbanten yang digawangi langsung kepala desa Warungbanten Ruhandi.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8345 seconds (0.1#10.140)