Pangkoarmada III Resmikan Tiga Jabatan Strategis

Jum'at, 28 Juni 2019 - 21:47 WIB
Pangkoarmada III Resmikan Tiga Jabatan Strategis
Pangkoarmada III Resmikan Tiga Jabatan Strategis
A A A
SORONG - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Ariawan mengukuhkan tiga jabatan strategis Koarmada III dalam suatu upacara militer. Meski diguyur hujan, pelaksanaan upacara yang berlangsung lancar dan khidmat.

Pelaksanaan upacara itu digelar di lapangan upacara Mako Koarmada III, Sorong, Jumat (28/6/2019). Ketiga jabatan strategis itu adalah Komandan Satuan Marinir (Dansatmar) Koarmada III Kolonel Marinir Freddy Jhon H Pardosi, Komandan Polisi Militer (Danpom) Koarmada III Letkol Laut (PM) Boy Herman Dharmo Kumara, dan Komandan Satuan Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmada III Letkol Laut (E) Joko Andriyanto.

Upacara peresmian ketiga jabatan komandan satuan tersebut ditandai dengan penyerahan tongkat komando dan Dhuaja serta pengucapan Pakta Integritas.
Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Ariawan dalam sambutannya menegaskan bahwa pengukuhan jabatan Dansatmar Koormada III, Danpom Koarmada III dan Dansatkopaska Koarmada III merupakan implementasi perwujudan program kerja pemimpin TNI dalam memenuhi satuan atau satker yang merupakan bagian dalam struktur organisasi jajaran Koarmada III.

Jabatan yang baru saja diresmikan merupakan jabatan Komando Pelaksana Pembinaan di lingkungan Koarmada III. Lebih lanjut menurut Ariawan, selaku pelaksana pembinaan, Satmar Koarmada III memiliki tugas pokok yaitu meningkatkan kesiapsiagaan tempur unsur Marinir, yang di-BKO (Bawah Kendali Operasi)-kan sebagai komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Untuk Pomal Koarmada III memiliki tugas pokok yaitu menyelenggarakan penegakan hukum, penyidikan, pengamanan fisik, ketertiban dan disiplin personel, materil khusus, serta mengawasi secara langsung terhadap kegiatan dan Operasi Kepolisian Militer yang dilaksanakan oleh Pomal kewilayahan di lingkungan Koarmada III dan jajarannya.

Sedangkan untuk Satkopaska Koarmada III memiliki tugas pokok yaitu melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur pasukan katak sesuai tuntutan kualifikasi sebagai komponen SSAT dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Koarmada III.

"Oleh karenanya, setiap unsur dituntut untuk senantiasa meningkatkan pembinaan fungsi satuan dan satker masing-masing, mengingat tantangan tugas ke depan semakin berat dan kompleks," tegasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5005 seconds (0.1#10.140)