Polsek Keraton Ringkus Pelaku Curanmor, 3 Motor Diamankan

Jum'at, 28 Juni 2019 - 15:16 WIB
Polsek Keraton Ringkus Pelaku Curanmor, 3 Motor Diamankan
Polsek Keraton Ringkus Pelaku Curanmor, 3 Motor Diamankan
A A A
YOGYAKARTA - Petugas reskrim Polsek Keraton, Kota Yogyakarta mengamankan ESW (46) seorang buruh yang tinggal di Balecatur, Gamping, Sleman yang diduga melakukan pencurian sepeda motor ( curanmor ). Petugas mengamankan tiga unit sepeda motor, sebagai barang bukti.

"Tersangka ini kita amankan setelah melakukan pencurian kendaraan bermotor," jelas Kapolsek Keraton Kompol Etty Haryanti, Jumat (28/6/2019).

Penangkapan dilakukan menyusul terjadinya beberapa kasus pencurian kendaraan bermotor. Awalnya kasus pencurian terjadi bulan September 2018 silam. Namun di bulan Juni ini ada dua kejadian.

Dengan berbekal laporan tiga korban, petugas melakukan penyelidikan. Hasilnya manegarah kepada keterlibatan pelaku yang langsung diamankan di rumahnya.

Dalam aksinya, pelaku mengincar para korban yang tengah berolahraga pagi. Kerap para korban lalai dan tidak memperhatikan keamanan sepeda motornya. Banyak yang meninggalkan kunci motor di dashboard berikut handphone dan dompet.

"Pelaku ini memanfaatkan kelengahan dari korban," jelasnya.

Dalam aksinya, pelaku melakukan seorang diri. Dia datang menggunakan sepeda motor dan menitipkan di parkiran. Selanjutnya korban mencari sasaran, motor milik korban yang terparkir. Salah satunya menyasar sepeda motor yang kunci, dompets serta HP ditinggal di dashboard.

Dari tangan pelaku petugas mengamankan tiga sepeda motor, yakni dengan Nopol BM 4572 FM, Honda Revo AB 2178 LS dan Honda Supra dengan Nopol H 2596 MN.
"Kita akan jerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian, ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun," jelasnya.

Kapolsek mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan jangan meninggalkan kunci sepeda motor di dashboard. Kasus pencurian ini terjadi karena kelalaian para pemiliknya yang meninggalkan kunci untuk berolahraga pagi.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3993 seconds (0.1#10.140)