alexametrics

7 Bulan Menunggu, Ratusan Korban Tsunami Terima Bantuan Jaminan Hidup dari Pemerintah

loading...
7 Bulan Menunggu, Ratusan Korban Tsunami Terima Bantuan Jaminan Hidup dari Pemerintah
Setelah menunggu selama 7 bulan, ratusan korban tsunami di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, akhirnya menerima bantuan berupa santunan dan jaminan hidup dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. iNewsTV/Heri Fulistiawan
A+ A-
LAMPUNG SELATAN - Setelah menunggu selama 7 bulan, ratusan korban tsunami di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, akhirnya menerima bantuan berupa santunan dan jaminan hidup dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Diketahui bencana tsunami menerjang wilayah Lampung Selatan pada 22 Desember 2018.

Seorang penerima bantuan santunan ahli waris, Rudi Saputra warga Desa Way Muli Timur, Lampung Selatan, kehilangan tempat tinggal serta kehilangan dua orang anaknya yang berusia 8 dan 3,5 tahun. Rudi Saputra juga masih menjalani perawatan akibat patah kaki dan sudah menjalani 7 kali operasi.

Rudi menerima santunan Rp30 juta sebagai bantuan jaminan hidup. Dia sudah tujuh bulan menjalani perawatan kakinya yang patah. Dia memilih tinggal di dekat rumah sakit untuk memudahkan proses perawatan. “Saya fokus pada proses menyembuhkan kaki,” katanya, Kamis (27/6/2019).



Bantuan secara simbolis diserahkan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat kepada Pelaksana Tugas Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.

Bantuan yang diserahkan tersebut meliputi santunan kematian sebesar Rp1,830 miliar untuk 122 ahli waris korban meninggal dunia. Setiap ahli waris memperoleh bantuan sebesar Rp15 juta, 13 ahli waris di antaranya telah menerima santunan dari Kementerian Sosial pada Januari 2019.

Selanjutnya bantuan jaminan hidup yang diberikan kepada 1.178 jiwa dengan bantuan sebesar Rp10.000 per jiwa selama 60 hari dengan nominal sekitar Rp706,8 juta. Semua santunan disalurkan dalam bentuk rekening dan total bantuan untuk korban tsunami di Lampung Selatan sebesar Rp2,342 miliar.

“Diharapkan bantuan yang diterima oleh para korban tsunami nanti dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bantuan ini dibelanjakan hal yang penting dan akan lebih baik jika dapat menjadi stimulan untuk modal usaha sehingga dapat lebih mandiri,” kata Harry.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak