alexametrics

Bimbingan Manasik CJH Pasangkayu 2019 Ditutup

loading...
Bimbingan Manasik CJH Pasangkayu 2019 Ditutup
Penyelenggaraan bimbingan manasik haji untuk calon jemaah haji (CJH) Pasangkayu 2019, resmi berakhir. Bimbingan manasik ditutup oleh Sekkab Pasangkayu Firman, Rabu (26/6/2019).
A+ A-
PASANGKAYU - Penyelenggaraan bimbingan manasik haji untuk calon jemaah haji (CJH) Pasangkayu 2019, resmi berakhir. Bimbingan manasik ditutup oleh Sekkab Pasangkayu Firman, Rabu (26/6/2019).

Dalam kesempatan itu, Sekkab Firman menyampaikan beberapa pesan untuk para CJH Pasangkayu. Di antaranya, mengimbau tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan baik sejak dari embarkasi hingga di tanah suci nanti.

“Saat di Mekkah jangan terpisah-pisah, jangan jalan sendiri agar tidak menyusahkan rombongannya. Jika ada keperluan lain harus izin kepada ketua regu atau ketua rombongan. Kemudian ketua regu atau ketua rombongan memang harus penuh kesabaran. Menunaikan ibadah haji bukan hanya menyangkut hubungan dengan Allah tapi juga persembahan untuk hubungan sesama manusia,” imbuhnya.



Ia juga mengimbau CJH Pasangkayu sedari sekarang melatih fisik dan menjaga kesehatan. Apa lagi iklim cuaca di Mekkah dengan di Tanah Air cukup jauh berbeda.

“Tidak perlu banyak-banyak membawa makanan karena di sana sudah disiapkan dengan baik. Masalah kendaraan juga tidak perlu dikhawatirkan, di sana sudah disiapkan. Doa kami semoga sejak pemberangkatan hingga kembali nanti semuanya sehat wal afiat, serta menjadi haji yang mabrur,” pesannya.

Terkait pemberangkatan CJH dari Pasangkayu ke embarkasi Makassar, Firman memastikan bakal melalui darat menggunakan beberapa bus. Sebab untuk menggunakan pesawat seperti tahun sebelumnya tidak dimungkinkan lagi mengingat anggaran yang terbatas.

“Sudah direncanakan lewat udara dengan jumlah anggaran yang sama dengan tahun sebelumnya, namun ternyata tahun ini lonjakan harga tiket pesawat hampir dua kali lipat. Sementara jika ingin ditambah melalui APBD Perubahan tidak mungkin lagi, karena APBD Perubahan baru dibahas bulan September. Tapi ini sekaligus latihan bagi jemaah, sebab ini hampir sama dengan naik mobil dari Madinah ke Mekkah,” jelasnya.

Jumlah CJH Pasangkayu tahun ini sebanyak 175 orang, pemberangkatannya dilakukan dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama yang tergabung dalam kloter 10 sebanyak 155 orang pada tanggal 12 Juli. Selebihnya tergabung dalam kloter 33 diberangkatkan pada tanggal 29 Juli.
(alf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak