Rahma Buka Kegiatan Intervensi Keamanan Bagi UMKM Pangan

Rabu, 26 Juni 2019 - 17:37 WIB
Rahma Buka Kegiatan Intervensi Keamanan Bagi UMKM Pangan
Rahma Buka Kegiatan Intervensi Keamanan Bagi UMKM Pangan
A A A
TANJUNGPINANG - Wakil Wali Kota Tanjungpinang Rahma, membuka secara resmi kegiatan Intervensi Keamanan Pangan Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang diselenggarakan oleh Badan POM dan bekerja sama dengan Kantor Direktorat Jendral Pajak Tanjungpinang di Aula Poltekes Kemenkes Kota Tanjungpinang, Rabu (26/6/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari mulai dari 26 Juni hingga 27 juni 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 250 orang. Peserta berasal dari berbagai UMKM yang dikelola oleh organisasi masyarakat seperti IPEMI, Aisyiyah dan UMKM yang dikelola oleh Pemerintah Daerah.

Dalam sambutannya Rahma menjelaskan bahwa Intervensi Keamanan Pangan Bagi UMKM ini merupakan upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Dunia Usaha serta Masyarakat. Pemberdayaan dilakukan secara sinergis menumbuhkan iklim kondusif untuk pengembangan usaha bagi UMKM sehingga mampu tumbuh dan berkembang menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.

Melalui kegiatan ini Rahma mengharapkan UMKM Pangan akan meningkat pengetahuan, pemahaman dan keterampilannya tentang keamanan pangan dalam memproduksi pangan yang aman dan bermutu. Dengan kegiatan ini peserta diharapkan memperoleh Sertiifikat Penyuluhan Keamanan Pangan sehingga masyarakat terlindungi dari konsumsi pangan yang tidak aman dan tidak bermutu.

Dadang Kepala Kantor Pajak Kota Tanjungpinang menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kerja sama yang telah dijalin kantor pajak terkait pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui program BDP dengan 27 intansi di antaranya 21 BUMD dan 6 intansi lainnya. "Kegiatan dengan Badan POM saat ini merupakan salah satunya wujud yang telah kami jalin terkait dengan pembinaan UMKM", ungkapnya.

Lebih lanjut Dadang menjelaskan bahwa dukungan terhadap UMKM ini menjadi penting karena berdasarkan catatan hampir 96 persen UMKM itu menyerap tenaga kerja serta berkontribusi 60 persen terhadap produk domestik brutonya jumlahnya sangat besar.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur PMPU Anita Nuraini, Kepala Kantor Direktorat Jendral Pajak Kota Tanjungpinang Dadang Karna Permana, PWA Provinsi Kepri Emi Taprudin, Ketua Salimah Laila, Ketua IPEMI Provinsi Kepri Ani Wahyuni.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5219 seconds (0.1#10.140)