Macan Kumbang yang Dirawat Bandung Zoo Bakal Dilepasliarkan di Gunung Ciremai

Senin, 24 Juni 2019 - 15:54 WIB
Macan Kumbang yang Dirawat Bandung Zoo Bakal Dilepasliarkan di Gunung Ciremai
Macan Kumbang yang Dirawat Bandung Zoo Bakal Dilepasliarkan di Gunung Ciremai
A A A
BANDUNG - Kondisi macan kumbang yang sebelumnya ditangkap di Subang, siap untuk dilepasliarkan kembali di Gunung Ciremai, Jawa Barat.

"Macan siap dilepasliarkan, tinggal menunggu waktu yang tepat. Karena dari sisi kesehatan, dinyatakan sehat," ujar Marketing Communication Bandung Zoo Sulhan Syafi'i di Kebun Binatang Bandung, Jalan Tamansari, Senin (24/6/2019).

Menurut Sulhan Syafi'I, macan kumbang tersebut saat ini kondisinya sehat. Setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh oleh tim dokter yang dipimpin oleh drh Dedi Tri Sasongko, kondisi macan kumbang dinyatakan sehat.

Saat ini macan dalam kondisi sehat dan berada di karantina Bandung Zoo. Kondisi kuku di empat kakinya terlihat lengkap. Tim juga telah memasang transponder untuk pendataan lebih lanjut.

Menurut Sulhan, Bandung Zoo sudah mempersiapkan kandang khusus untuk pelepasan macan tersebut. Perlakukan khusus perlu dilakukan, mengingat macan tersebut memiliki berat badan 30 kg dan panjang tubuh 208 cm (dari ujung hidung sampai ujung ekor).

Diketahui, macan kumbang tersebut sebelumnya sempat menggemparkan warga Subang. Macan berwarna hitam itu diketahui turun gunung dan menyerang warga. Seorang warga dilaporkan luka cukup parah setelah diterkam macam kumbang.

Setelah mendapat laporan warga, macan tersebut ditangkap oleh tim rescue Bandung Zoo yang dipimpin abah Heri Hermawan. Tim tersebut untuk mem backup BKSDA Jawa barat. Setelah ditangkap dengan cara ditembak obat bius, macan dibawa ke Bandung Zoo untuk direhabilitasi.

Saat ini, setelah kondisinya dinyatakan membaik, macan akan kembali dilepasliarkan. Rencananya macan tersebut akan dilepas di Gunung Ciremai, Jawa Barat.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.6948 seconds (0.1#10.140)