alexametrics

Dampak Kemarau, Harga Cabai Melambung Hingga Rp60 ribu Perkilo

loading...
Dampak Kemarau, Harga Cabai Melambung Hingga Rp60 ribu Perkilo
Harga cabai merah di pasar baru di Kuningan Jawa Barat melonjak hingga mencapai Rp50 ribu sampai Rp60 ribu perkilonya akibat musim kemarau. Foto/Toiskandar
A+ A-
KUNINGAN - Sejak tiga terakhir harga cabai merah di pasar baru di Kuningan Jawa Barat melonjak hingga mencapai Rp50 ribu sampai Rp60 ribu perkilonya. Kenaikan ini terjadi karena pasokan dari distributor berkurang dan gagal panen akibat musim kemarau.

Seperti di Pasar Baru Kuningan, harga cabai merah dijual hingga Rp60 ribu perkilonya. Padahal, harga sebelumnya hanya dijual Rp30 ribu perkilonya, Minggu pagi (23/6/2019).

Selain harga cabai merah yang mengalami kenaikan, harga cabe rawit dan tomat juga mengalami kenaikan. Harga cabai rawit dijual Rp40 ribu perkilo yang tadinya hanya Rp30 ribu perkilogramnya. Sementara tomat yang tadinya hanya Rp12 ribu, kini menjadi Rp15 ribu.



Kenaikan harga cabai rawit disebabkan karena minimnya pasokan yang terus berkurang dan gagal panen akibat kemarau kali ini. Kondisi tanaman para petani mengering terdampak kemarau panjang. Selain itu, naiknya harga sejumlah sayuran membuat pedagang mengalami penurunan omzet hingga 40 persen lantaran sepi pembeli.

Yuyun, pedagang sayuran memprediksi harga sayuran akan terus melambung jika musim kemarau terus berlangsung. Bahkan stok cabai merah di sejumlah pedagang langka sejak kemarin padahal banyak pembeli untuk kebutuhan hajatan.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak