alexametrics

Ecoparian Sungai Badung

Terobosan Pemkot Denpasar Sukses Kurangi Sampah

loading...
Terobosan Pemkot Denpasar Sukses Kurangi Sampah
Terobosan Pemkot Denpasar Sukses Kurangi Sampah. (Istimewa).
A+ A-
DENPASAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Bali berhasil membuat terobosan dalam menangani limbah sampah. Salah satunya adalah mengubah bantaran Sungai Badung menjadi objek wisata yang bersih dan menarik.

Ecoparian Sungai Badung ini pun kemarin diresmikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dengan didampingi Dirjen Pencemaran Kementerian LHK Karliansyah dan para peserta Pertemuan IV Antarnegara dalam Koordinasi Kelautan Negara-Negara Asia Timur (COB-SEA).

“Sampah plastik yang memenuhi sungai dan lautan telah menyebabkan masalah selama bertahun-tahun, seperti menyumbat saluran air, meningkatnya risiko banjir, dan permasalahan lingkungan yang sangat serius. Terkait dengan hal itu, Pemerintah Kota Denpasar serius dalam kebijakan dan strategi pengelolaan sampah serta penanganannya,” ungkap Siti saat meresmikan Ecoparian Sungai Badung di Denpasar, Bali, kemarin.



Siti mengatakan, dalam rangka mendukung target pencapaian kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan mengingat dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari permasalahan sampah terutama sampah plastik, maka telah dibuat beberapa terobosan atau inovasi oleh Pemkot Den pasar. Salah satu di antaranya penetapan Peraturan Wali Kota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Setelah Peraturan Wali Kota Denpasar tersebut resmi diberlakukan tanggal 1 Januari 2018, maka terjadi penurunan penggunaan kan tong plastik pada toko modern, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, dan usaha lainnya di Kota Denpasar.

Pada pasar tradisional penurunan mencapai 54,26%. Kemudian untuk usaha kegiatan lainnya mencapai 86,27% dan bahkan mencapai 99,16% untuk toko modern dan pusat perbelanjaan. (Binti Mufarida)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak