alexametrics

Malam Jumat, Gempa Bumi 5,0 SR Guncang Alor, NTT

loading...
Malam Jumat, Gempa Bumi 5,0 SR Guncang Alor, NTT
Gempa bumi berkekuatan magnitude 5,0 Skala Richter (SR) terjadi di 134 kilometer Timor Laut Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), sekira pukul 23.30 WIB. Foto/Twitter/Dok
A+ A-
JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan magnitude 5,0 Skala Richter (SR) terjadi di 134 kilometer Timor Laut Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), sekira pukul 23.30 WIB.

Informasi ini dituliskan melalui akun Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, Kamis (21/6/2019). Koordinat gempa di 7,57 Lintang Selatan (Ls), 125,52 Bujur Timur (BT).

Gempa tektonik itu terjadi di kedalaman 450 km dan tidak berpotensi tsunami. Untuk diketahui, daerah Alor merupakan sebuah kabupaten di provinsi NTT.



Ibu kota Alor berada di Kalabahi, dengan jumlah penduduk pada tahun 2016 sebanyak 201.515 jiwa, sedangkan luas wilayah sekitar 2.864,6 kilometer persegi (kmĀ²). Kabupaten ini berbentuk kepulauan dan dilintasi jalur pelayaran dagang internasional ke Samudera Pasifik.

Dari berbagai cerita yang sudah turun temurun di masyarakat Alor, ada kerajaan tertua di sana, yakni kerajaan Abui di pedalaman pegunungan Alor dan kerajaan Munaseli di ujung timur pulau Pantar.
(maf)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak