alexametrics

Wagub Sumbar: Kader PKK Harus Melek Teknologi

loading...
Wagub Sumbar: Kader PKK Harus Melek Teknologi
Tim Penggerak PKK di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar memiliki tugas dan peran sebagai mitra kerja pemerintah daerah dengan 10 program pokok PKK.
A+ A-
BATUSANGKAR - Tim Penggerak PKK di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar memiliki tugas dan peran sebagai mitra kerja pemerintah daerah dengan 10 program pokok PKK.

"Ada 10 program pokok PKK yang mesti dijalankan kader PKK di daerah sebagai mitra pemerintah daerah khususnya yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, seperti mewujudkan keluarga sejahtera," ujar Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat membuka jambore terpadu kader PKK berprestasi dan gelar teknlogi tepat guna tingkat provinsi di Lapangan Cindua Mato, Batusangkar, Selasa (18/6/2019).

Dari 10 program PKK itu, ada berapa program yang disinggung Nasrul Abit agar lebih ditingkatkan, yakni PKK musti dapat berinovasi seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini.



"Iya, kecanggihan teknologi saat ini sudah semakin pesat. Maka, PKK yang lebih dominan terdiri dari ibu-ibu mesti dapat mengikuti kecangihan ini, jangan sampai ketinggalan. Sekarang aja belanja di pasar bisa dipesan melalui telpon, itulah kemajuan teknologi. Jadi ibu-ibu tidak perlu lagi ke pasar, pesan dari rumah saja belanjaan akan dattang, itu contoh kecilnya," kata Nasrul.

Lalu, peranan PKK dalam menjaga keutuhan keluarga, apalagi dengan tingginya tingkat keretakan rumah tangga yang mengakibatkan perceraian. Oleh karena itu, PKK mesti berperan dalam hal ini membimbing keluarga dalam menjaga keutuhan keluarganya.

Kemudian, dari segi kesehatan, peranan PKK di setiap daerah dalam membantu pemerintah menyediakan gizi yang layak bagi masyarakat dengan terjun langsung ke posyandu-posyandy yang ada dari tingkat desa atau kelurahan.

“Banyak lagi program PKK ini dalam mebantu pemerintah didaerah. Oleh karena itu kita berharap agar PKK dapat membuat kegiatan yang lebih terarah dan menyentuh berbagai kepentingan keluarga dan masyarakat,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno mengatakan, jambore terpadu tingkat provinsi itu akan diikuti sekita 1.000 kader PKK Kabupaten/Kota.

"Dalam jambore juga digelar TTG (Teknologi Tepat Guna) dan penyuluhan kesehatan," kata Nevi.

Disebutkannya, jambore kali ini tema, Jambore Terpadu Kader PKK Berprestasi, Gelar TTG, dan Penyuluhan Kesehatan, Kita tingkatkan Kinerja PKK selaras dengan Program Pemerintah.

"Kegiatan ini untuk memantapkan pelaksanaan kegiatan Gerakan PKK di Sumatera Barat, dengan meningkatkan kinerja PKK serta mengembangkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, selaras dengan program Pemerintah," terangnya.

Adapun tujuan khusus jambore untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK melalui penyuluhan dan berbagai Lomba Jambore Kader PKK Berprestasi, meningkatkan hubungan silaturrahim serta berbagi pengalaman antara sesama peserta Jambore dan sebagai penghargaan (reward) serta memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya dalam Pelaksanaan Gerakan PKK di lapangan.

Dijelaskannya, gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dari tahun ke tahun telah memperlihatkan dampak yang positif sebagai mitra kerja pemerintah, untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, terutama dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai insan pembangunan yang berkualitas. Hal tersebut terwujud tidak terlepas dari peran kader PKK, terutama di tingkat nagari, desa dan kelurahan.

"Jambore juga akan untuk motivasi dan memberi reward bagi para kader PKK yang telah bekerja secara ikhlas dan sukarela. Mereka juga sekaligus menggebyarkan Gerakan PKK dengan 10 progam pokok PKKnya, maka setiap tahun tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Jambore Kader PKK berprestasi, sejak 2003 sampai saat ini yang diikuti oleh 19 Kabupaten/Kota se Sumatra Barat," sebutnya.

Secara rinci kegiatan yang dilaksanakan yaitu pembekalan/penyuluhan kesehatan, salat berjamaah di penginapan masing-masing. Lomba parade atau yel-yel kontingen kabupaten/kota, lomba Ekspose Kegiatan PKK tentang 'Strategi Pembentukan dan Peningkatan Kinerja Kelompok PKK Jorong/ RW/RT dan Dasawisma di Wilayah masing-masing', oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Lomba Simulasi Pola Asuh Anak dan Remaja, Lomba Pameran hasil Kelompok UP2K PKK, Lomba Penyuluhan tentang 'Strategi dan Pengembangan Pelaksanaan Kegiatan HATINYA PKK', melalui bermain peran, Lomba Penyuluhan Program Pokja IV melalui Stand Up Comedy, Penampilan Kesenian Khas daerah, Out Bound , terdiri atas Senam pagi,Lomba berpacu makan pisang, Lomba berjalan di dalam lingkaran Koran dan Khataman Al Qur’an, dan tausiah.

Tanah Datar menjadi tuan rumah Jambore Terpadu Kader PKK Berprestasi dan Gelar TTG Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019. Kegiatan rutin tiap tahun itu dipusatkan di Lapangan Cindua Mato pada 17 hingga 20 Juni 2019. Untuk tahun depan Kota Pariaman akan menjadi tuan rumah jambore yang berpusat di Pantai Gandoriah.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak