alexametrics

21 Juni, Gelombang Setinggi Empat Meter Ancam Perairan Selatan Jateng

loading...
21 Juni, Gelombang Setinggi Empat Meter Ancam Perairan Selatan Jateng
Masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir selatan Jawa Tengah diminta mewaspadai ancaman gelombang tinggi. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
CILACAP - Masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir selatan Jawa Tengah diminta mewaspadai ancaman gelombang tinggi. Untuk aktivitas pelayaran juga diminta berhati-hati terhadap gelombang tinggi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap menyebut peringatan dini gelombang tinggi berlaku 18-21 Juni 2019 pukul 07.00 WIB. Peringatan itu berdasarkan hasil pengamatan terhadap pola sirkulasi angin di beberapa wilayah.

"Terdapat pola sirkulasi angin di Kalimantan Barat dan pusat tekanan rendah 1008 hPa di Samudra Pasifik utara Papua. Pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 4 - 20 knot, sedangkan di wilayah selatan ekuator urnumnya dari timur - tenggara dengan kecepatan 4 - 25 knot," ujar prakirawan BMKG Deas Achmad Rivai, Selasa (18/6/2019).



Dia menambahkan, kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Aceh, Selat Sunda bagian selatan, Selat Makassar bagian utara, Laut Banda, perairan Kepulauan Tanimbar, Perairan Kepulauan Kei - Aru, Laut Arafuru. Kondisi ini dapat mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

"Tinggi gelombang 2,5 - 4 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, perairan selatan Yogyakarta, Samudra Hindia Selatan Cilacap, Samudra Hindia Selatan Kebumen, Samudra Hindia Selatan Purworejo, Samudra Hindia Selatan Yogyakarta," terangnya.

Untuk itu, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter), kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter), kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi geiombang di atas 4 meter).

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tandasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak