alexametrics

Disdukcapil Kobar Akan Mendata Para Pendatang

loading...
Disdukcapil Kobar Akan Mendata Para Pendatang
Wakil Ketua 2 DPRD Kobar, Mulyadin. Foto/Istimewa
A+ A-
KOTAWARINGIN BARAT - Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, merupakan daerah yang sedang berkembang, sehingga banyak kaum urban yang berminat mengadu nasib di “Kota Manis” ini. Untuk penertiban penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kobar bakal mendata jumlah penduduk tetap dan para pendatang.

“Ya ini kan arus balik masih berlangsung, biasanya mereka bawa keluarga untuk mengadu nasib di Kalimantan. Nanti akan kita data mereka,” ujar Kepala Disdukcapil Kobar, Gusti Imansyah di ruang kerjanya, Selasa (18/6/2019).

Sementara itu, Wakil Ketua 2 DPRD Kobar, Mulyadin mengatakan, pascalibur lebaran biasanya masyarakat yang mudik ke Pulau Jawa, selalu membawa saudara atau kerabatnya saat kembalo. Kobar sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin mencari rezeki.



"Untuk pendatang baru, Pemkab Kobar tidak bisa menolak dan sangat wajar jika banyak pendatang ingin mencari kerja di sini. apalagi Kobar daerah yang sedang membangun dan membuka diri,” ujar Mulyadin di sela-sela kegiatannya, Selasa (18/6/2019).

Dia berharap, bagi pendatang baru untuk sadar mengurus surat pindah. Hal itu untuk tertib data kependudukan di Kobar. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pun harus gencar turun ke lapangan dan jemput bola serta bersosialisasi, terutama ke setiap perusahaan perkebunan kelapa sawit.

"Data ini sangat penting, agar Kobar memilki data yang valid. Jadi tugas dari Disdukcapil untuk menyosialisasikan hal ini kepada masyarakat,” pungkasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak