alexametrics

Kapal Patroli Yudistira 8003 Berlayar Perdana di Wilayah Polda Kepri

loading...
Kapal Patroli Yudistira 8003 Berlayar Perdana di Wilayah Polda Kepri
Jajaran Polda Kepri menggelar Coffe Morning menyambut pelayaran perdana Kapal Patroli (KP) Yudistira 8003 di wilayah Polda Kepri, Sabtu (15/6/2019). Koran SINDO/Dicky Sigit Rakasiwi
A+ A-
BATAM - Jajaran Polda Kepri menggelar Coffe Morning menyambut pelayaran perdana Kapal Patroli (KP) Yudistira 8003 di wilayah Polda Kepri, Sabtu (15/6/2019). Kapal yang memiliki panjang 73 meter dan lebar 11,35 meter ini bertugas untuk penguatan keamanan laut di wilayah Provinsi Kepri.

Kapal berbobot 1.000 ton ini dapat melaju dengan kecepatan mesin 18 knot dan membawa 32 personel dan 12 di antaranya Polwan. Kapal ini langsung dibawa oleh Direktur Baharkam Ditsatpolair Polri Brigjen Drs Lothariya Latif dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Batu Ampar selama 47 jam. Kapal langsung diserahkan kepada Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto.

"Kapal ini untuk memperkuat penjagaan keamanan laut di Kepri. Kapal saya serahkan kepada Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto," ujar Polri Brigjen Drs Lothariya Latif saat Coffe Morning di Pelabuhan Batu Ampar.



KP Yudistira 8003 ini diberikan kepada Polda Kepri sesuai arahan dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menimbang prestasi yang dicapai oleh Polda Kepri selama ini. Sebelumnya Kapolri meresmikan 8 kapal polisi patroli, 15 kapal pemburu cepat, dan 1 helikopter, saat syukuran HUT ke-68 Polairud di Pangkalan Polairud Korpolairud Baharkam Polri, Ancol, Jakarta Utara, Desember 2018.

"Banyak capaian prestasi di Polda Kepri, untuk itu Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan KP Yudistira 8003 untuk memperkuat keamanan perairan di Kepri," ujar Lothariya.

Dia menjelaskan, KP Yudistira 8003 ini diprioritaskan untuk pengamanan dan pencegahan gangguan Kamtibmas di wilayah Polda Kepri dengan status kendali oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto.

"Kendalinya ada pada Kapolda Kepri, tentunya untuk membantu pengamanan dan pencegahan gangguan khususnya di laut," ujarnya. Lothariya menambahkan, ada dua kapal sejenis, yakni KP Baladewa 8002 yang saat ini berada di Kepri dan KP Bisma di wilayah Sulawesi.

Sementara itu Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan, Kapal Kapal Yudistira 8003 merupakan kapal patroli yang diBKO oleh Mabes Polri untuk menambah kekuatan pengamanan di laut. Dia juga menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi yang tinggi kepada Kapolri dan Kabaharkam Polri. "Semoga kebaikan dari pimpinan ini dibalas oleh Allah SWT," ujarnya.
(wib)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak