Semarak Lebaran Ketupat di Gorontalo

Kamis, 13 Juni 2019 - 14:21 WIB
Semarak Lebaran Ketupat di Gorontalo
Semarak Lebaran Ketupat di Gorontalo
A A A
GORONTALO - Tujuh hari setelah lebaran Idul Fitri, seperti biasa masyarakat Gorontalo khususnya kota, sangat menantikan lebaran ketupat, termasuk pelaksanaan gebyar lebaran ketupat pada Rabu (12/06/2019), yang dihadiri Wali Kota Gorontalo Marten Taha, dan Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono.

Berbagai macam lomba disuguhkan di sembilan kecamatan, mulai dari lomba gendong istri sampai dengan lomba balap perahu. Sebanyak 13 titik lokasi kunjungan yang didatangi jajaran Pemerintah Kota Gorontalo, dalam rangka safari lebaran ketupat.

Mulai dari wilayah yang berada di Kabupaten Gorontalo, yakni Limboto dan Kampung Jawa. Hingga kembali ke Kota Gorontalo dan berkunjung ke beberapa tempat, diantaranya Kecamatan Sipatan, Kota Utara, Kota Timur, Dumbo Raya dan terakhir di Kecamatan Hulonthalangi.

Menurut Wali Kota Gorontalo Marten Taha, selain sudah menjadi tradisi masyarakat Gorontalo, lebaran ketupat yang digelar setelah tujuh hari lebaran Idul Fitri ini, sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Gorontalo.

"Baik itu dalam mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat Gorontalo, antara Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat, serta mendorong berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat di momen tersebut," ujar Wali Kota.

Di wilayah Kota Gorontalo sendiri, ada banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat. Mulai dari lomba olahraga, pesta rakyat, kesenian, budaya hingga kegiatan-kegiatan lain yang merupakan kreatifitas masyarakat.

Seperti yang ada di wilayah Kecamatan Kota Timur, dimana masyarakat yang berasal dari dua kelurahan, masing-masing Kelurahan Ipilo dan Padebuolo, bergotong royong menggelar kegiatan gebyar ketupat.

"Kegiatan tersebut diprakasai oleh Generasi Muda Kreatif Pancawardana (GMKP), dengan menyajikan berbagai macam lomba, termasuk lomba gendong istri. Pemerintah Kota Gorontalo sendiri, turut andil dengan memberikan bantuan dana dalam kegiatan tersebut," ungkap Wali Kota.

Ryan F. Kono menambahkan bahwa lain lagi kegiatan gebyar ketupat yang digelar oleh Kecamatan Dumbo Raya, yang berpusat di Kelurahan Leato Selatan. Kegiatan tersebut turut melibatkan para nelayan sebanyak 40 orang sebagai peserta lomba balap perahu. Menariknya lagi, panitia pelaksana kegiatan tersebut bukan lain adalah generasi muda di kelurahan tersebut.

"Keatifan generasi muda dalam berbagai kegiatan positif, seperti yang dilaksanakan di Kelurahan Leato Selatan, tentu akan berdampak baik terhadap masa depan mereka. Sebab, melalui kegiatan seperti itu mereka akan jauh dari hal-hal negatif yang bisa mencelakakan mereka," jelas Wakil Wali Kota.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5976 seconds (0.1#10.140)