Masyarakat Pesisir Jadi Fokus Perhatian Iqbal di Halal Bihalal

Kamis, 13 Juni 2019 - 14:16 WIB
Masyarakat Pesisir Jadi Fokus Perhatian Iqbal di Halal Bihalal
Masyarakat Pesisir Jadi Fokus Perhatian Iqbal di Halal Bihalal
A A A
MAKASSAR - Kehidupan masyarakat pesisir menjadi lokus perhatian Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb saat menghadiri Halal Bihalal Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulsel, Rabu (12/6/2019).

Iqbal mengharapkan Balitbangda Kota Makassar dan Provinsi Sulsel dapat bersinergi menciptakan rencana kerja untuk pemberdayaan masyarakat pesisir. Apalagi Makassar dan Sulsel dikenal sebagai kota dan provinsi yang memiliki banyak pulau.

Di Makassar saja ada delapan pulau yang terdapat di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang. Tujuh di antaranya merupakan pulau berpenghuni yang didiami 13.703 jiwa dengan luas wilayah 54.23 Ha.

Kecamatan Kepulauan Sangkarrang memiliki 3 kelurahan yakni kelurahan Kodingareng, Barang Lompo, dan Barang Caddi dengan 15 RW dan 57 RT.

"Coba buat rencana kerja yang bisa memberdayakan UKM yang ada di pulau agar masyarakat kita di kepulauan bisa berdaya secara ekonomi dan sosial. Masyarakat pesisir punya banyak potensi yang bisa digali yang membutuhkan wadah yang tepat untuk dikelola dengan baik dan bijak," ujar Iqbal.

Pemberdayaan masyarakat pesisir menurut Iqbal harus mempertimbangkan aspek lingkungan agar peningkatan kesejahteraan masyarakat berbanding lurus dengan peningkatan kualitas lingkungan di mana masyarakat bermukim.

Saat ini, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang diperhadapkan pada persoalan abrasi pantai, dan pembinaan UKM yang belum maksimal.

Ketersediaan infrastruktur yang memadai seperti fasilitas MCK, drainase pemukiman, dermaga, dan fasilitas umum seperti jalan, dan gedung juga masih menjadi kebutuhan warga di kecamatan yang baru terbentuk pada 2015 lalu.

Di tahun 2018, Pemerintah kota Makassar mengucurkan dana sebesar Rp 7.9 Miliar untuk pembangunan Puskesmas Kodingareng, Pustu Pulau Langkai, dan Kantor Kecamatan Kepulauan Sangkarrang yang telah diresmikan oleh Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah pada 7 Juni lalu.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3770 seconds (0.1#10.140)