alexametrics

Taman Baca Garuda, Rumah Huni untuk Cerdaskan Warga Perbatasan RI-RDTL

loading...
Taman Baca Garuda, Rumah Huni untuk Cerdaskan Warga Perbatasan RI-RDTL
Rumah Sius Fahik (44), warga Laenmane yang dibangun melalui Program Rehab Rumah ke-11 dari Satgas Pamtas Yonmek 741 GN tidak hanya sebagai hunian. Rumah tersebut juga dilengkapi Taman Baca untuk belajar seluruh warga di Perbatasan RI-RDTL. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Rumah Sius Fahik (44), warga Laenmane yang dibangun melalui Program Rehab Rumah ke-11 dari Satgas Pamtas Yonmek 741 GN tidak hanya sebagai hunian. Rumah tersebut juga dilengkapi Taman Baca untuk belajar seluruh warga di Perbatasan RI-RDTL.

Dansatgas Pamtas Yonif 741/GN, Mayor Inf Hendra Saputra menjelaskan, Program Bedah Rumah ke-11 yang diresmikan pada 11 Juni 2019 itu, tidak hanya sebagai hunian bagi Sius Fahik beserta 4 orang anggota keluarganya. Namun juga dijadikan sebagai Taman Baca bagi seluruh warga yang berada di Desa Neurobo dan Tiumanu

“Bangunan tersebut, didirikan diatas tanah milik Pak Sius Fahik. Selama ini (Sius Fahik) sekeluarga menumpang tinggal bersama keluarganya di desa Tiumanu,” ujar Hendra Saputra dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (12/6/2019).



Hendra menambahkan, Sius Fahik yang sehari-hari bekerja di kebun, berkeinginan untuk untuk membangun rumah, namun tidak memiliki cukup biaya. “Karena (Sius fahik) tidak memiliki biaya, kita sepakat untuk membangunkan rumah yang sekaligus akan dijadikan taman bacaan bagi warga sekitar,” katanya.

Hendra bersyukur, bangunan yang didirikan dari mulai nol tersebut dapat diselesaikan sesuai target waktu yang ditetapkan. Dia juga memuji Sius Fahik yang rela berkorban dan berbagi lahan maupun rumahnya ini untuk turut membantu mencerdaskan masyarakat.

Terkait dengan buku-buku yang diserahkan di Taman Baca Garuda itu, menurut Hendra seluruhnya berasal dari Satgas Pamtas. Sedangkan Sius Fahik dan keluarganya sendiri, menurut Hendra, secara otomatis menjadi penggelola dan penjaga sarana maupun buku yang ada di sana.

“Selain istri, yang menunggu Taman Baca dirumahnya ada tiga orang anaknya, yang dua orang diantaranya telah bersekolah di SD. Memang ini juga perlu menjadi pemikiran semua pihak, bagaimana mekanisme pemeliharaan (Taman Baca) ini,” ujar Hendra.

Sementara itu Camat Laenmane (Blasius Bau), Kepala Desa Tinumanu (Anita Dacosta) dan Kepala SDI Rentete (Gabriel) yang juga turut hadir pada saat penyerahan dan peresmian Rumah Taman Baca Garuda sangat bangga dan memberikan apresiasi atas kepedulian Satgas Pamtas Yonmek 741/GN terhadap warga dan anak-anak di Tiumanu.

Untuk diketahui, sebelum peresmian Rumah Taman Baca Garuda di Laenmane, bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1440 H, Satgas Pamtas Yonmek 741/GN menyerahkan rumah ke-10 dalam program Bedah Rumah. Untuk selanjutnya, rumah ke-12 yang saat ini sedang dikerjakan Satgas di Oepoli Tengah Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, direncanakan akan selesai pada 20 Juni 2019.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak