alexametrics

Buton Membara

Para Pengungsi Warga Gunung Jaya Mulai Kembali ke Rumah

loading...
Para Pengungsi Warga Gunung Jaya Mulai Kembali ke Rumah
Warga Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sultra yang mengungsi di sejumlah titik pengungsian sudah mulai kembali ke rumah masing-masing. Foto/iNews/Andhy Eba
A+ A-
BUTON - Warga Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang mengungsi di sejumlah titik pengungsian sudah mulai kembali ke rumah masing-masing. Namun mayoritas warga yang kembali ke rumah hanya untuk membersihkan rumah dan memantau situasi.

Tadi malam dilaporkan tiga kepala keluarga sudah memberanikan diri menginap di rumah mereka karena banyak aparat TNI dan polisi yang melakukan penjagaan di kampung mereka. Jaminan kemananan pun diberikan oleh aparat.

Kepala Desa Gunung Jaya, La Rusli mengatakan para pengungsi yang ada di sejumlah titik hari ini sudah mulai berdatangan di Desa Gunung Jaya. Kebanyakan mereka masih membersihkan rumah dan sebagian lagi memilih tinggal.



"Warga yang pulang ke rumah baru sebatas membersihkan dulu sambil memantau kondisi. Jika dirasa sudah kondusif baru mereka kembali tinggal di rumahnya masing-masing.

wwncr : la rusli / kepala desa la rusli

Sementara itu warga Gunung Jaya yang baru saja tiba di rumah dari pengungsian mengatakan alasan mereka pulang karena beberapa hari ini melihat kondisi kampung mereka sudah aman dan terdapat petugas yang berjaga-jaga.

"Sudah ada aparat yang berjaga, insya Allah sudah aman lah. Warga sudah bisa kembali beraktivitas," ujar Helwan, warga Gunung Jaya yang memutuskan kembali ke rumahnya pasca bentrok beberapa waktu lalu.

Di Desa Gunung Jaya terdapat sejumlah anak kecil juga melakukan aktivitas membantu orang tua mencuci baju di sumur umum yang disediakan. Mereka sudah mulai terlihat ceria.

Sementara itu, pembangunan kembali rumah warga di Desa Gunung Jaya terus berjalan. Sejak kemarin hingga hari ini ada dua rumah yang sudah diperbaiki.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak