alexametrics

Nias Utara Diguncang Gempa 4,3 SR

loading...
Nias Utara Diguncang Gempa 4,3 SR
Gempa 4,3 Skala Richter mengguncang Nias Utara, Jumat (7/6/2019). Pusat gempa terletak pada koordinat 1.34 LU dan 97.13 BT berlokasi di laut, 7 Km barat laut Lahewa, Nias Utara pada kedalaman 23 Km. Foto Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
NIAS UTARA - Gempa tektonik berkekuatan 4,3 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Nias Utara, Jumat (7/6/2019). Pusat gempa (episentrum) terletak pada koordinat 1.34 LU dan 97.13 BT berlokasi di laut, 7 kilometer barat laut Lahewa, Nias Utara pada kedalaman 23 Kilometer.

Kepala Stasiun Geofisikasi Gungsitoli, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal, akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia yang berada di Samudera Hindia, sebelah barat Sumatera.

Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.



" Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan rumah maupun fasilitas umum lainnya akibat gempa," ujar Djati dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Jumat (7/6/2019).

Kepada masyarakat dia mengimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Nias F Yanus Larosa yang dihubungi mengatakan guncangan gempa tidak dirasakan sampai Kota Gunungsitoli. "Informasinya memang gempa di Nias Utara, tapi tidak dirasakan sampai kota Gunungsitoli," sebut Firman.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak