alexametrics

Lebaran Kedua, Semarang-Solo Padat Lancar

loading...
Lebaran Kedua, Semarang-Solo Padat Lancar
Kendaraan terpantau padat lancar di dekat Pertigaan Jalan Lingkar Salatiga, Tingkir, Kota Salatiga, Kamis (6/6/2019). Foto Koran SINDO/Abdul Hakim
A+ A-
SALATIGA - Memasuki lebaran hari kedua, lalu lintas di Jalan Raya Semarang-Solo terpantau padat lancar. Tidak ada kemacetan berarti seperti tahun-tahun sebelumnya. Kelancaran ini banyak dipengaruhi pengoperasian penuh Tol Trans Jawa ruas Semarang-Solo sepanjang sekitar 75 km.

Berdasarkan pantauan jalur ini banyak dilalui oleh para pengendara yang ingin bersilaturahmi Lebaran dengan jarak pendek. Sejak pukul 06.00 WIB, kepadatan sudah mulai terlihat. Jelang siang hari, kepadatan banyak terjadi di berbagai titik seperti di pertigaan Bawen, Exit Tol Bawen dan Jalan Lingkar Salatiga (JLS).

Volume kendaraan banyak mengarah ke selatan atau Solo dan Yogyakarta. Lantaran antrean kendaraan cukup panjang di beberapa perempatan lampu merah, sejumlah petugas petugas juga melakukan rekayasa lalu lintas. Ini antara lain terlihat di Perempatan Terminal Tingkir Salatiga.



Polisi dan petugas gabungan lain memprioritaskan pengendara yang mengarah ke Solo karena tingginya volume kendaraan. Gambaran tak jauh beda juga terlihat di Pertigaan Klero, Tengaran, Kabupaten Semarang. Agar tak membuat macet, petugas mengalihkan titik penyeberangan.

Yasin, salah satu pengendara mengatakan, kepadatan banyak terjadi di persimpangan atau kawasan pasar. Dengan mengendarai sepeda motor dari Ungaran ke Ampel, Boyolali, Yasin mengaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Pada hari normal, jarak tersebut biasanya ditempuh hanya dalam 1,5 jam. "Secara umum lancar, ada ketersendatan di dekat Coca Cola dan pintu keluar Tol Bawen," terangnya.

Hingga sore ini, lalu lintas di jalan raya Semarang-Solo masih terpantau lancar. Kendaraan umumnya melaju dengan kecepatan sedang yakni 50 hingga 60 km/jam. Kepadatan diprediksi masih akan terjadi hingga, Jumat (7/6/2019) karena banyak warga yang ingin bersilaturahmi dengan keluarganya di kota lain.

Keberadaan jalan raya Semarang-Solo ini menjadi alternatif bagi para warga yang tak ingin menggunakan jalan tol. Pada tahun-tahun sebelum ada jalan tol, perjalanan Semarang-Solo saat macet Lebaran umumnya ditempuh dalam 4-6 jam.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak