Grebek Syawal 1440 H, Kraton Serahkan Tujuh Gunungan Hasil Bumi

Rabu, 05 Juni 2019 - 18:23 WIB
Grebek Syawal 1440 H, Kraton Serahkan Tujuh Gunungan Hasil Bumi
Grebek Syawal 1440 H, Kraton Serahkan Tujuh Gunungan Hasil Bumi
A A A
YOGYAKARTA - Kraton Yogyakarta menggelar tradisi Grebek Syawal 1440 H di halaman kraton setempat, Rabu (5/6/2019). Acara ini sebagai ungkapan rasa syukur atas selesainya puasa Ramadhan. Wujud syukur itu dalam bentuk gunungan yang berisi hasil bumi.

Ada tujuh gunungan yang diserahkan kraton. Tujuh gunungan tersebut diusung oleh para abdi dalem dan dikawal prajurit Bregodo dari Alun-alun Utara Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat menuju tiga tempat. Lima gunungan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman, satu dibawa ke Pura Pakualaman, dan satu lagi dibawa ke Kantor Kepatihan.

Lima gunungan untuk Masjid Gede Kauman, Yogyakarta, terdiri dari gunungan lanang, wadon, getak, pawohan dan darat serta masing-masing gunungan Lanang untuk Kepatihan dan Puro Pakualaman.

Untuk lima gunungan yang dibawa ke Masjid Gede Kauman Yogyakarta itu diserahkan kepada Pengageng Kawedanan Pengulon, KRT Akhmad Mukhsin Kamaludin Ningrat dan setelah didoakan kemudian diperebutkan masyarakat yang hadir. Mereka bukan saja warga Yogyakarta namun juga para wisatawan. Gunungan tersebut langsung diperebutkan dan dalam hitungan menit langsung habis.

Pengageng Kawedanan Pengulon, KRT Akhmad Mukhsin Kamaludin Ningrat mengatakan gunungan ini merupakan bentuk sedekah dari Sultan untuk rakyatnya. Namun karena jumlahnya terbatas maka gunungan itu diperebutkan (grebek). "Itulah arti grebek ini," kata Kamaludin Ningrat di sela-sela acara tersebut.

Mengenai ada yang beranggapan hasil bumi itu membawa berkah. Menurut Kamaludin sebenarnya itu tidak salah, sebab hasil bumi yang sudah didoakan diharapkan membawa berkah bagi yang memanfaatkannya.

Wisatawan asal Tangerang, Banten, Sima (40) mengatakan baru pertama kali ke acara tersebut dan mendapatkan hasil bumi berupa sayuran dan makanan yang sudah diolah. "katanya ini membawa berkah," ungkapnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5725 seconds (0.1#10.140)