Ini Penyebab Rusuh dan Pembakaran di Rutan Kelas II B Sigli Aceh

Senin, 03 Juni 2019 - 19:30 WIB
Ini Penyebab Rusuh dan Pembakaran di Rutan Kelas II B Sigli Aceh
Ini Penyebab Rusuh dan Pembakaran di Rutan Kelas II B Sigli Aceh
A A A
BANDA ACEH - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh dibakar para tahanan yang mengamuk, Senin (3/6/2019). Pemicunya diduga karena mereka kesal dispensernya disita sepihak oleh petugas rutan.

Informasi dihimpun menyebutkan peristiwa itu terjadi sekira pukul 11.30 WIB. Bagian depan bangunan rutan hangus dilalap api, termasuk ruang petugas dan ruang kepala rutan.

Begitu api membara, polisi dan pemadam kebakaran langsung menuju rutan yang terletak di Gampong Benteng, Kota Sigli itu. Para penghuni rutan sempat melawan polisi yang masuk dengan melempari dengan batu. Polisi kemudian menembakkan gas air mata. Suara senjata juga terdengar beberapa kali. (Baca: Rusuh, Rutan Kelas II B Sigli Aceh Dibakar Narapidana).

Kepala Divisi Pemasyarakaran Kanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman mengatakan, kericuhan yang terjadi di Rutan Sigli hanya insiden kecil akibat ada miskomunikasi antara tahanan dengan sipir. "Ada petugas kita tanpa sepengetahuan kepala rutan mengambil dispenser yang ada di kamar-kamar hunian warga binaan," katanya saat dikonfirmasi wartawan.

Hal itu diduga membuat para tahanan mengamuk. Dispenser yang disita petugas sebelumnya dibagikan oleh kepala rutan kepada para tahanan untuk kebutuhan Ramadan.

Meurah Budiman menyayangkan sikap sipir yang menyita dispenser itu tanpa sepengatuan kepala rutan.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7321 seconds (0.1#10.140)