alexametrics

6 Lokasi Utama jadi Tempat Salat Idul Fitri di Labuan Bajo NTT

loading...
6 Lokasi Utama jadi Tempat Salat Idul Fitri di Labuan Bajo NTT
Lapangan Kampung Ujung Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) dipersiapkan untuk tempat salat Idul Fitri pada Rabu pagi 5 Juni 2019 di Labuan Bajo. Foto iNews TV/Yoseph Mario
A+ A-
LABUAN BAJO - Lapangan Kampung Ujung Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) dipersiapkan untuk tempat salat Idul Fitri pada Rabu pagi 5 Juni 2019 di Labuan Bajo.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) H Idrus Achmad menyatakan, Lapangan kampung ujung sudah mulai dibersihkan sejak Sabtu (1/06/2019) kemarin, oleh panitia PHBI, pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk jadi tempat salat utama umat muslim di Labuan Bajo pada Idul Fitri, Rabu pagi 5 Juni 2019 .

Enam lokasi salat yang sudah dipersiapkan PHBI dan Pemerintah Manggarai Barat adalah Lapangan Bola Sepak Labuan Bajo, Halaman Masjid Nurul Falah Wae Mata atau Lapangan Bola Sepak SDI Wae Mata, Masjid Nurul Huda Gorontalo, Masjid Babusalam Nggorang, Masjid Al-Fallah Nanga Nae, Desa Macang Tanggar. sedangkan untuk wilayah Marombok, Capi dan Kampung Capi, Salat Idul Fitri dilaksanakan pada masing-masing masjid.



"Lapangan dan masjid-masjid yang sudah dipersiapan untuk Salat Idul Fitri di Labuan Bajo dan sekitarnya dinilai sangat memadai, dan cukup mengingat sebagian umat Islam di labuan bajo dan sekitarnya ada yang mudik keluar daerah," jelasnya.

Menanti hasil Sidang Isbat
Sidang Isbat atau penentuan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah akan digelar pada Senin (3/6/2019) petang ini seperti sebelum waktu Salat Maghrib berlangsung di kantor Kementerian Agama di Jakarta Pusat.

Adapun sidang isbat atas pemantauan ruqyatul hilal, masih menanti keputusan Kementerian Agama RI melalui jumpa pers.

Dia mengatakan PHBI Manggarai Barat akan menggelar kegiatan lomba saat pawai takbir keliling menggunakan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat keliling di ibu kota Kabupaten Manggarai Barat dalam menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah atau 2019 Masehi.

"Kami sepakat untuk adakan lomba pawai malam takbiran, khusus kendaraan roda empat harus dihias indah dan rapih," kata Ketua PHBI Mabar.

Ia menambahkan, untuk kegiatan takbiran di luar kota Labuan Bajo dan sekitarnya hanya dilaksanakan di masing-masing masjid dan musala dengan melibatkan warga muslim setempat.

Meskipun demikian, ia menghimbau kepada masyarakat muslim yang akan mengikuti lomba serta pawai takbiran untuk tidak meneguk minuman keras, dan menggunakan knalpot racing.

Apalagi membawa mesin chain shaw yang menimbulkan bunyi bunyian keras yang akan mengganggu jalannya pawai takbiran. Kepada pelanggar pihaknya akan meminta petugas keamanan untuk diamankan.

Untuk diketahui, route perjalanan lomba dan pawai takbiran berdasarkan keputusan rapat pada 20 Mei 2019 yakni, Star dari Masjid Nurul Huda Gorontalo menuju pertigaan air kemiri lalu belok kanan-menuju pasar baru hingga tiba di Cabang Patung Komodo belok kiri menuju Wae Mata dan Perempatan Langkakabe lalu belok kanan menuju Seranaru hingga Lancang dan belok kiri- ke arah Wae Bo hingga pertigaan ruko depan Polres lalu belok kiri menuju perempatan Langkakabe belok kanan ke arah perempatan Perundi belok kanan arah bandara hingga pertigaan Lamantoro belok kiri arah Puncak Waringin menuju Kpg Ujung melintasi Marina Jalur Soekarno Hatta hingga berakhir di Pertigaan Bank BNI dan bubar.

"Itu rute yang kita sudah usulkan ke Satlantas Polres Manggarai Barat berdasarkan hasil rapat PHBI tertanggal 20 Mei 2019 ," ungkap Ketua PHBI Mabar.

Idrus mengatakan, untuk mempersiapkan rangkaian kegiatan Idul Fitri 1440 hijriah, 2019 Masehi, pihaknya segera berkordinasi dengan jajran Kepolisian Resort Manggarai Barat. Itu dilakukan demi rencana pengamanan rangkaian lebaran agar terlaksana secara baik dan lancar.

Dalam pengamanan itu, sambung Idrus, juga akan menghadirkan petugas keamanan dari Polres Mabar, unsur terkait dan pengamanan internal pemuda di Labuan Bajo dan sekitarnya yang tentunya sudah terkordinasi baik dengan petugas keamanan.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak