alexametrics

Gratis, Tol Manado-Bitung Dibuka Fungsional untuk Mudik Lebaran

loading...
Gratis, Tol Manado-Bitung Dibuka Fungsional untuk Mudik Lebaran
Jalan tol Manado-Bitung seksi 2 Airmadidi-Manembo-nembo sepanjang 18,2 kilometer mulai dibuka Rabu 29 Mei 2019 pukul 13.00 Wita. Foto/Istimewa
A+ A-
MANADO - Jalan Tol Manado-Bitung seksi 2 Airmadidi-Manembo-nembo sepanjang 18,2 kilometer dibuka Rabu (29/5/2019 pukul 13.00 Wita. Tampak beberapa pemilik kendaraan menjajal tol tersebut yang dibuka secara gratis.

Sekdaprov Edwin Silangen mengatakan, pembukaan sementara atau fungsional ini dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 1440 Hijriah.

"Pembukaan fungsional satu arah ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan I. Untuk arah Manado ke Bitung dibuka sejak 29 Mei hingga 6 Juni 2019. Sedangkan untuk arah Bitung ke Manado berlaku sejak 7 hingga 11 Juni 2019," kata Silangen.



Silangen menjelaskan, fungsional tol Manado-Bitung berlaku mulai pukul 08.00-17.00 Wita setiap harinya tanpa dikenakan biaya alias gratis. Kecepatan kendaraan tidak boleh melampaui 60 kilometer per jam untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Silangen menyebut keberhasilan lobi Gubernur Olly Dondokambey ke pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR menjadi kunci di balik pembukaan fungsional jalan tol pertama di Sulut yang memiliki panjang 39,9 kilometer ini. "Fungsional tol Manado Bitung ini karena lobi bapak gubernur ke menteri," tandasnya.

Lebih jauh, Silangen juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Sulut, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo, PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) dan instansi terkait lainnya yang ikut mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak