alexametrics

Dishub Jatim Prediksi Jumlah Penumpang Bus pada Arus Mudik Naik 5%

loading...
Dishub Jatim Prediksi Jumlah Penumpang Bus pada Arus Mudik Naik 5%
Jumlah calon penumpang bus ke Jawa Timur pada arus mudik 2019 diprediksi naik hingga 5%. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
SURABAYA - Jumlah calon penumpang bus ke Jawa Timur pada arus mudik 2019 diprediksi naik hingga 5%. Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur (Jatim) menilai salah satu faktor kenaikan tersebut adalah tersambungnya akses Tol Trans Jawa Jakarta hingga Probolinggo.

Kepala Dishub Jatim Fattah Jasin mengatakan, pada mudik Lebaran tahun ini, banyak masyarakat yang menggunakan bus untuk pulang ke kampung halaman karena jalan Tol Trans Jawa yang sudah selesai pembangunannya.
Dari Jakarta hingga Surabaya, diperkirakan hanya memakan waktu selama 10 jam. “Waktu tempuh yang semakin cepat itu berdampak pada naiknya jumlah penumpang bus,” katanya, Kamis (23/5/2019).

Dari hasil rapat persiapan mudik antara Pemprov Jatim Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Gedung Grahadi awal bulan lalu disebutkan, mudik tahun ini ada sebanyak 5.901 armada bis semua jurusan siap melayani calon penumpang.



Jumlah tersebut diharapkan mampu melayani sekitar 3,38 juta calon penumpang. “Saat ini sudah banyak yang melapor dari pihak pengusaha bus bahwa peningkatan jumlah penumpang. Untuk antisipasinya, kami akan tambah armada,” tuturnya.

Peningkatan arus mudik, lanjut dia, diperkirakan mulai tampak pada H-7 atau tanggal 29 Mei 2019. Untuk itu secara berkala Dishub Jatim akan melakukan pengecekan kelayakan bus yang ada di terminal, utama di terminal tipe B.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak