Misteri Kematian Afif Maulana Perlahan Mulai Terungkap, Ini Kata LBH Padang

Kamis, 27 Juni 2024 - 15:39 WIB
loading...
Misteri Kematian Afif Maulana Perlahan Mulai Terungkap, Ini Kata LBH Padang
Direktur LBH Padang Indira Suryani. Foto/Rus Akbar
A A A
PADANG - Kematian tragis Afif Maulana (13), yang jasadnya ditemukan di bawah jembatan Kuranji, Kota Padang , Sumatera Barat, menghebohkan publik dan sempat viral di media sosial dengan dugaan polisi terlibat dalam penyiksaan. Namun, misteri ini mulai terkuak setelah pertemuan antara berbagai pihak terkait.

Dalam pertemuan tertutup di Mapolda Sumbar yang melibatkan Kompolnas, Polda Sumbar, LBH Padang, Ombudsman, Komnas HAM, dan KPAI, berbagai saksi, baik ahli maupun kunci, serta pendamping hukum diminta untuk memberikan data dan bukti yang jelas.

Direktur LBH Padang, Indira Suryani, yang juga menjadi kuasa hukum Afif Maulana, mengungkapkan bahwa berdasarkan keterangan saksi kunci, Aditia, teman Afif, tidak ada yang melihat secara langsung Afif melompat dari jembatan.

"Saksi A tidak melihat secara langsung Afif melompat. Dia berada di sisi kiri jembatan, sedangkan jasad Afif ditemukan di tengah bawah jembatan," jelas Indira pada Kamis (27/6/2024).



Keterangan dari dokter forensik menguatkan dugaan bahwa Afif tidak melompat, melainkan terpeleset.

"Kami menanyakan kepada dokter forensik mengapa posisi tubuhnya kaku dan terdapat memar di sisi kiri. Dokter menjelaskan bahwa Afif diduga terpeleset. Jika melompat, kepalanya akan rusak. Ada beberapa perubahan pernyataan dari melompat menjadi terpeleset," kata Indira.

Meskipun ada dugaan terpeleset, LBH Padang tetap mencari pendapat lain untuk memastikan situasi malam kejadian tersebut secara independen. "Kami ingin mengetahui dengan jelas dan independen apa yang sebenarnya terjadi malam itu demi keadilan Afif Maulana," tambahnya.

Kompolnas dan Kementerian PPA juga melakukan pengecekan dan olah TKP di Jembatan Kuranji pada dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Kedatangan tim tersebut bertujuan untuk mengetahui situasi yang sebenarnya pada saat kejadian.

Ketua Harian Kompolnas, Benny Jozua Mamoto, menjelaskan bahwa penyebab kematian Afif Maulana sudah diurai dengan jelas. "Karena saat ini informasi masih simpang siur mengenai pengertian lebam dan memar, tadi ahli sudah menjelaskan pengertian lebam memar dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh LBH Padang," ujarnya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0872 seconds (0.1#10.140)
pixels