Natuna Minta Pengembangan Pelabuhan Selat Lampah Dipercepat

Rabu, 15 Mei 2019 - 07:56 WIB
Natuna Minta Pengembangan Pelabuhan Selat Lampah Dipercepat
Natuna Minta Pengembangan Pelabuhan Selat Lampah Dipercepat
A A A
NATUNA - Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, berharap pemerintah pusat segera merealisasikan rencana pengembangan Pelabuhan Selat Lampah di Kabupaten Natuna, menjadi pelabuhan internasional. Sebab, masyarakat sudah sangat membutuhkan pengembangan infrastruktur itu demi menunjang pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Iskandar mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) ke Kementerian Perhubungan terkait rencana pembangunan itu. Dia berharap pemerintah pusat pun segera mewujudkan rencana itu.

"Kami sudah menyerahkan RIP awal tahun ini. Pihak Kemenhub pun sudah melakukan survei ke tempat kami. Jadi, prosesnya sebetulnya tinggal penganggaran. Semoga saja pengembangan pelabuhan itu bisa dimulai awal tahun depan," ujar Iskandar, kemarin.

Iskandar mengungkapkan, saat ini bangunan Pelabuhan Selat Lampah hanya sekitar 60 meter yang berada di areal sekitar 4 hektare (ha). Dia berharap setelah pengembangan nanti, pelabuhan itu bisa menjadi lebih besar, yakni seluas 10 ha. Jika Natuna memiliki pelabuhan internasional seperti Selat Lampah, Iskandar memprediksi pertumbuhan ekonomi di kawasan itu akan meningkat tajam. Sebab, pelabuhan itu akan menjadi pintu masuk kapal-kapal domestik dan kapal dari berbagai negara.

Dengan begitu, dipastikan kegiatan ekonomi masyarakat pun akan semakin meningkat. Termasuk, semakin mempermudah arus transportasi masyarakat. Tokoh masyarakat Natuna Haji Saheh menambahkan, masyarakat Natuna memang sangat mengharapkan dermaga Pelabuhan Selat Lampah itu segera dilakukan perluasan dan ditingkatkan statusnya sebagai pelabuhan internasional.

Apalagi, rencana pengembangan dermaga itu sudah masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kepulauan Riau 2019 yang disusun Direktorat Pemanfaatan Ruang Ditjen Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Menurutnya, peningkatan status itu akan mampu mengubah Natuna menjadi kawasan yang berkembang.

Dia juga menegaskan, dengan perluasan dermaga itu, Pelabuhan Selat Lampah bukan hanya akan menjadi pelabuhan peti kemas, juga pelabuhan samudera yang lebih memadai. Termasuk, juga menjadi pelabuhan masyarakat yang akan membantu mereka dalam meningkatkan taraf hidup. “Karena itu, kami berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempercepat peningkatan status dan pembangunan Pelabuhan Selat Lampah. Apalagi, kami mengajukan proposal itu sudah cukup lama,” ujar Haji Saheh.

Tokoh masyarakat Natuna lainnya, Aspar Lani, juga menyatakan hal yang sama. Dia berharap Presiden bisa segera mewujudkan keinginan masyarakat Natuna memiliki pelabuhan internasional dan bandara sipil. “Kami berharap pemerintah pusat bisa mempercepat proses pembangunan dermaga Selat Lampah dan bandara sipil. Kami sudah tidak sabar untuk itu. Kami optimistis, Presiden akan segera membangunnya. Apalagi, beliau (presiden) sudah tiga kali datang ke Natuna,” ujar Aspar, saat bertandang ke Jakarta, beberapa waktu lalu.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5565 seconds (0.1#10.140)