Tim ANRI Preservasi Arsip Statis Kerajaan Kutaringin Istana Kuning

Kamis, 09 Mei 2019 - 09:22 WIB
Tim ANRI Preservasi Arsip Statis Kerajaan Kutaringin Istana Kuning
Tim ANRI Preservasi Arsip Statis Kerajaan Kutaringin Istana Kuning
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Tim dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dibantu Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng mengadakan preservasi arsip statis kerajaan Kutaringin di istana kuning.

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh direktur preservasi ANRI Jakarta, DR. Kandar dan kepala DPK Kobar, Zainah beserta kabid pengolahan dan layanan arsip serta kasi dan staf.

Preservasi arsip berlangsung mulai 30 April-4 Mei 2019 lalu langsung didampingi dari pihak istana yakni Pangeran Arsyadinsyah dan Pangeran Muasdjidinsyah.

"Preservasi arsip kerajaan adalah bagian dari perawatan mencakup semua aktivitas untuk memperpanjang usia arsip, yaitu menggunakan metode-metode penanganan dan penyimpanan yang aman, memperbaiki arsip atau dokumen kerajaan untuk melestarikan keasliannya atau format asli kerajaan, membuat program kontrol serangga perusak, agar terhindar dari (rayap)," ujar Kandar.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperbaiki, merawat dan mengawetkan arsip Kerajaan Kutaringin untuk dilestarikan dan menjaga kerusakan arsip agar bisa dan dapat dipergunakan dan terjaga keasliannya serta dapat dilihat khususnya untuk masyarakat Kobar. "Supaya masyarakat dapat mengetahui sejarah Kerajaan Kutaringin yang berada di Kabupaten Kobar," kata kepala DPK Kobar, Zainah menambahkan.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3558 seconds (0.1#10.140)