Rachmat Yasin Langsung Sujud Syukur saat Keluar Lapas Sukamiskin

Rabu, 08 Mei 2019 - 11:37 WIB
Rachmat Yasin Langsung Sujud Syukur saat Keluar Lapas Sukamiskin
Rachmat Yasin Langsung Sujud Syukur saat Keluar Lapas Sukamiskin
A A A
BANDUNG - Begitu keluar dari Lapas Sukamiskin, Rabu (8/5/2019) sekitar pukul 08.30 WIB, mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY) langsung sujud syukur. Dua langkah dari pintu keluar lapas, pria yang menjalani hukuman pidana selama 5 tahun 6 bulan itu, sujud syukur selama lima menit.

Setelah sujud syukur, Rachmat Yasin disambut istri dan keluarga yang telah menunggu sejak pagi. Tampak tiga mobil menjemput mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin. RY mengatakan, dirinya telah menjalani apa yang seharusnya dijalani.

"Saya sudah menjalani seharusnya. Ini hadiah dan apresiasi. Saya dianggap berperilaku sewajarnya, jadi dapat CMB (cuti menjelang bebas)," kata RY kepada wartawan.

RY mengaku selama ditahan menjadi pembelajaran hidup. "Ini saya jadikan pembelajaran hidup. Hari ini saya langsung ke Bogor, dan saya konsentrasi ibadah puasa," ujar mantan politikus PPP ini.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Jabar Abdul Aris mengatakan, bahwa RY mendapat CMB selama tiga bulan. Setelah masa CMB berakhir dan yang bersangkutan tak melakukan pelanggaran maka bebas murni.

"Rachmat Yasin dapat cuti menjelang bebas (CMB) 3 bulan. Jadi mulai 8 Agustus (RY) bebas murni," kata Abdul Aris.

Abdul Aris menjelaskan, selama 3 bulan menjalani CMB, RY wajib lapor ke Badan Pemasyarakatan (Bapas) Bogor. "Masih wajib lapor selama tiga bulan di Bapas Bogor sana," tutur Abdul.

Kadivpas mengungkapkan, CMB akan dicabut jika RY melakukan pelanggaran. "(CMB) akan dicabut jika melanggar dan bisa dikembalikan lagi ke lapas," ungkap dia.

Aktivitas RY selama CMB, jika hendak keluar negeri itu harus mendapat izin dari Menteri Hukum dan HAM. "Seperti umrah, itu diizinkan, asal mengajukan izin ke Menkumham," kata Abdul.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 7.1005 seconds (0.1#10.140)