alexametrics

Digdaya di Kampung Halaman, Jokowi-Ma'ruf Raup 82,23% Suara di Solo

loading...
Digdaya di Kampung Halaman, Jokowi-Maruf Raup 82,23% Suara di Solo
Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Minggu (5/5/2019). Foto: SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A+ A-
SOLO - Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dipastikan berjaya dalam perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Kota Solo. Perolehan suara di kota yang merupakan kampung halaman Jokowi, pasangan nomor 01 meraup 82,23% suara.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Jokowi-Ma’ruf total meraih 301.995 suara. Capres petahana menang telak di lima kecamatan yang ada di Kota Solo.

Adapun rivalnya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya meraih 65.271 suara atau 17,77%. “Tadi sudah dibacakan semuanya dan saksi-saksi sudah setuju,” ujar Ketua KPU Solo Nurul Sutarti, Minggu (5/5/2019).



Mengingat tidak ada yang protes maupun keberatan, sehingga bisa ditetapkan. Selanjutnya, hasil rapat pleno akan dibawa ke Semarang untuk diserahkan kepada KPU Provinsi Jawa Tengah. Secara umum rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat kota berjalan dengan lancar. Rapat dibuka sejak Sabtu (4/5) kemarin dan selesai lebih cepat sehari dari target KPU.

Partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 meningkat, dibanding Pemilu sebelumnya. Tercatat 85% dari total pemilih atau 372.055 orang menyalurkan hak politik mereka dalam Pemilu 17 April lalu.

Adapun Pemilu sebelumnya tercatat hanya 81% dari total pemilih. “Peningkatan ini adalah kerja keras semua pihak. Bukan hanya KPU,” tegasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak