alexametrics

Ridwan Kamil Pastikan Harga Bahan Pokok Relatif Stabil

loading...
Ridwan Kamil Pastikan Harga Bahan Pokok Relatif Stabil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau langsung ke pasar Kiaracondong, Kota Bandung, untuk mengecek harga-harga bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadan, Minggu (5/5/2019). Foto/Istimewa
A+ A-
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan harga-harga bahan kebutuhan pokok relatif masih stabil menjelang Ramadhan. Memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, namun tidak signifikan.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengetahui kondisi tersebut setelah turun langsung mengecek harga-harga bahan kebutuhan pokok saat inspeksi mendadak di Pasar Kiaracondong, Kota Bandung, Minggu (5/5/2019).

"Di H-1 Ramadan, saya mengecek harga-harga sembako se-Jawa Barat dengan sampling di Pasar Kiaracondong," ujar Emil yang Didampingi Asisten Daerah II Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar Eddy Nasution dan beberapa kepala dinas terkait serta Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.



Berdasarkan hasil tinjauannya, Emil menyebut, harga kepokmas masih relatif stabil. Bahkan, kata Emil, beberapa komoditas malah mengalami penurunan harga, seperti beras kualitas 1-4 yang sebelumnya dijual Rp10.000- Rp12.000/kilogram menjadi Rp9.000-Rp11.000/kilogram.

Adapun kenaikan harga, lanjut Emil, terpantau terjadi pada komoditas telur ayam broiler yang sebelumnya dijual Rp23.000/kilogram menjadi Rp24.000/kilogram serta cabai merah tanjung yang sebelumnya dijual Rp35.000/kilogram menjadi Rp40.000/kilogram.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan kebutuhan pokok di Jabar, lanjut Emil, pihaknya segera berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar untuk menggelar operasi pasar. "Minimal operasi pasar ini bisa membantu meringankan ibu-ibu dengan harga yang lebih murah," katanya.

Emil menegaskan, Pemprov Jabar akan mengupayakan ketersediaan stok dan stabilitas harga hingga Lebaran. Untuk itu, Pemprov Jabar juga akan berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk seluruh pemerintah kabupaten/kota di Jabar.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak