Wali Kota Tanjungpinang: Hardiknas 2019, Momen Tingkatkan SDM

Jum'at, 03 Mei 2019 - 13:24 WIB
Wali Kota Tanjungpinang: Hardiknas 2019, Momen Tingkatkan SDM
Wali Kota Tanjungpinang: Hardiknas 2019, Momen Tingkatkan SDM
A A A
TANJUNGPINANG - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 dilaksanakan upacara bendera di Lapangan Pamedan dengan pembina upacara Wali Kota Tanjungpinang, Kamis (2/5/2019).

Syahrul membacakan amanat tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhajir Effendi. Syahrul menyampaikan tema Hardiknas tahun 2019 adalah 'Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan' yang mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

"Kita tidak dapat menutup mata terhadap berbagai keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan dan kebudayaan di tanah air, di mana kita masih dihadapkan dengan kompleksitas masalah guru dan tenaga pendidikan," kata Syahrul.

Masih dijumpai kasus-kasus yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan, betapapun pemerintah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan paradigma pendidikan.

Anggaran pendidikan nasional sekitar 63% dikelola daerah. Karena itu perlu diingatkan agar daerah lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBN baik DAU maupun DAK dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program prioritas, serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20 persen.

Melalui momentum Hardiknas, Syahrul mengimbau untuk para hadirin agar konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan SDM yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang kompetitif.

Syahrul juga memberikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada para pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang.

"Para pegiat Paud, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat," katanya.

Diakhir upacara, Syahrul yang didampingi Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Plt. Sekda Kota Tanjungpinang, H. Suyatno, AMP turut menyerahkan penghargaan kepada TK, SD dan SMP yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

Turut hadir FKPD Kota Tanjungpinang, Pimpinan OPD Kota Tanjungpinang, Jajaran Kepala TK, SD dan SMP, Pimpinan Kelompok Belajar, Dewan Pendidikan Kota Tanjungpinang, PGRI Kota Tanjungpinang dan tokoh pendidikan Kota Tanjungpinang.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5029 seconds (0.1#10.140)