alexametrics

Pimpin DPRD Jabar Hampir Pasti dari Gerindra, PKB Siap Kawal Ridwan Kamil

loading...
Pimpin DPRD Jabar Hampir Pasti dari Gerindra, PKB Siap Kawal Ridwan Kamil
Partai Gerindra hampir dipastikan menggeser posisi PDIP sebagai pemilik kursi terbanyak di DPRD Jabar menyusul lonjakan raihan suara partai berlambang garuda itu di ajang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di Provinsi Jabar. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
BANDUNG - Partai Gerindra hampir dipastikan menggeser posisi PDIP sebagai pemilik kursi terbanyak di DPRD Jabar menyusul lonjakan raihan suara partai berlambang garuda itu di ajang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di Provinsi Jabar.

Hal itu diungkapkan Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda menyikapi peta politik DPRD Jabar pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Huda juga memastikan, peta politik di DPRD Jabar ke depan akan dinamis. Pasalnya, DPRD Jabar akan dipimpin oleh partai politik (parpol) yang bukan pengusung Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Menurut Huda, PKB sendiri hampir dipastikan meraih 13 kursi dan menempati posisi pimpinan di DPRD Jabar menyusul lonjakan raihan suara PKB di Pileg 2019 berdasarkan hasil hitung nyata (real count) DPW PKB Jabar.



"Sudah pasti, sudah firm karena berbasis real count, dari laporan dari seluruh 27 DPC se-Jawa Barat hasilnya adalah PKB mengalami kenaikan dari sebelumnya kita hanya 7 kursi di DPRD Provinsi, tahun ini kita dapat 13 kursi di DPRD Jawa Barat. Alhamdulillah naik 6 kursi tahun ini," ungkap Huda dalam Diskusi Publik Membedah dan Memganalisa Hasil Pemilu 2019 di Jawa Barat di Kantor DPW PKB Jabar, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Bandung, Kamis (2/5/2019).

Dengan raihan suara tersebut, Huda menyatakan, sebagai parpol pengusung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, PKB siap mengawal roda pemerintahan Provinsi Jabar di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Diketahui, selain PKB, Ridwan Kamil yang berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 lalu juga diusung NasDem, PPP, dan Hanura.

Huda melanjutkan, PKB menjadi satu dari tiga parpol di Jabar yang sukses meraih lonjakan suara signifikan setelah Gerindra dan PKS di ajang Pemilu 2019. Sementara parpol lainnya hampir dipastikan mengalami penurunan raihan suara.

Meski optimistis menempatkan 13 kadernya dan menjadi unsur pimpinan DPRD Jabar, namun Huda mengakui, kepemimpinan Gerindra di DPRD Jabar akan membuat komunikasi politik di DPRD Jabar dipastikan "naik turun".

"Saya ceritakan, jadi ketua dewannya nanti Gerindra, wakil ketua dewan PKS, PDIP, Golkar, dan PKB. Gerindra menggeser PDIP dan hampir pasti ketua dewan akan diambil posisinya oleh Gerindra," terang Huda.

Meski begitu, Huda yakin, kehadiran PKB akan menjadi jembatan komunikasi politik antara Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan DPRD Jabar, sehingga seluruh agenda pembangunan yang diusung Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan berjalan baik.

"PKB semoga bisa menjadi jembatan supaya apa yang menjadi agenda Gubernur, juga menjadi agenda DPRD. Memang gak mudah, itu harus kita terima realistis karena pemenangnya Gerindra," sambung Huda.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak