alexametrics

Relawan Jokowi-Ma'ruf Gelar Tumpengan Bhineka

loading...
Relawan Jokowi-Maruf Gelar Tumpengan Bhineka
Ratusan relawan Jokowi-Ma'ruf Jabar memanjatkan doa sebagai wujud rasa syukur dalam kegiatan Tumpengan Bhineka, Kamis (25/4/2019). SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A+ A-
BANDUNG - Sebagai rasa syukur atas pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang lancar dan damai, ratusan relawan dan pendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) di Jawa Barat menggelar kegiatan Tumpengan Bhineka

Selain pemotongan nasi tumpeng, kegiatan yang mengusung tema "Syukur pada Negeri" ini diisi berbagai kegiatan seni dan budaya khas Jabar. Kegiatan juga dihadiri sesepuh dan tokoh masyarakat Jabar, di antaranya Solihin GP.

"Meskipun pemilu kali ini cukup rumit, namun kira bersyukur karena berjalan cukup lancar dan damai," ungkap Nyoman Nuarsa, penggagas kegiatan Tumpengan Bhineka di lokasi kegiatan di Galeri Seni Nuart, Kompleks Setraduta, Kota Bandung, Kamis (25/4/2019).



Pematung kenamaan itu berharap, melalui kegiatan Tumpengan Bhineka, masyarakat, khususnya masyarakat Jabar, mampu mempertahankan kecintaan terhadap warisan leluhur. Menurut dia, nilai-nilai tradisi yang ditinggalkan leluhur memiliki nilai tak terhingga, sehingga harus dilestarikan dan dikembangkan.

"Pariwisata itu 60% budaya. Dari pariwisata, kita bisa menghasilkan USD 17 miliar atau sekitar Rp200 triliun," sebutnya.

Nyoman mengakui, nilai-nilai tradisi yang ditinggalkan leluhur bangsa Indonesia kini mulai terganggu oleh masuknya tradisi dan kebudayaan asing dan dikhawatirkan menggerus tradisi dan budaya bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

"Kita perlu mempertahankan tradisi dan budaya asli Indoensia. Seperti di sini, tradisi Sunda harus dipertahankan dan terus dilestarikan," katanya.

Seniman yang sudah 30 tahun bermukim di Bandung itu mencontohkan, masyarakat Bali sangat mempertahankan tradisi dan budaya leluhurnya. Meski mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, namun budaya dan tradisi Bali benar-benar kentara dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bali.

"Orang Bali tetap menjadi orang Bali, meski mayoritas beragama Hindu. Kita di sini punya tradisi dan budaya Sunda yang hebat, ini yang harus dipertahankan," katanya.

Masih di tempat yang sama, Dewan Pengarah Rumah Kerja (Rumker) Relawan Jokowi-Ma'ruf Jabar Ipong Witono menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh relawan yang telah bekerja keras bagi pasangan Jokowi-Ma'ruf di Jabar.

Meski raihan suara Jokowi-Ma'ruf kalah atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) di Jabar, namun menurutnya, berkat kerja keras seluruh relawan dan pendukung Jokowi di Jabar, pasangan Jokowi-Ma'ruf mampu membendung ambisi Prabowo-Sandi yang menginginkan kemenangan telak di Bumi Tatar Pasundan ini.

"Apalagi, 02 (Prabowo-Sandi) menargetkan raihan suara hingga 85%. Kita sukses mempertahankan suara Pak Jokowi dan 02 gagal menjebol suara Pak Jokowi di Jabar," katanya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak