Kreasi Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ramaikan Pameran Inacraft 2019

Rabu, 24 April 2019 - 18:45 WIB
Kreasi Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ramaikan Pameran Inacraft 2019
Kreasi Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ramaikan Pameran Inacraft 2019
A A A
JAKARTA - Ajang tahunan Inacraft kembali hadir di JCC Jakarta yang dihelat selama lima hari 24-28 April. Pameran kerajinan bergengsi ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (24/4/2019).

Salah satu peserta Inacraft adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Stan Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini menghadirkan ragam kerajinan asli putra daerah Hulu Sungai Selatan.

Hadir pada pembukaan Inacraft di Jakarta, Ketua Dekranasda sekaligus Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan Hj Isnaniah A Fikry, Wakil Ketua Dekranasda Hulu Sungai Selatan sekaligus Wakil Bupati Srie Astuti, Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian Drs H Sasmi Rifani, MAP.

"Alhamdulilah kami bisa memamerkan beberapa produk yang dihasilkan di Hulu Sungai Selatan," kata Isnaniah.

Ketua Dekranasda Isnaniah melanjutkan, Kabupaten Hulu Sungai memboyong kain Sasirangan, tas anyaman bambu, tugu dodol Kandangan, rumah banjar, kerajinan dari eceng gondok sebagai produk andalan yang diharapkan dapat menarik minat pengunjung Inacraft.

"Ciri khas Sasirangan dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah motif ketupat, anggrek Loksado, dan motif bambu. Karena hampir sekecamatan di Loksado ditumbuhi oleh bambu. Jadi bambu biasa digunakan untuk kegiatan wisata juga yaitu bamboo rafting," tutur Isnaniah.

Produk yang dipamerkan ditawarkan dengan harga mulai Rp50.000 hingga jutaan rupiah. "Biasanya yang jutaan itu motif limited edition dan pesanan khusus," tegasnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9705 seconds (0.1#10.140)