Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki 3 Kali Erupsi, Lontarkan Abu Vukanik Setinggi 800 Meter

Minggu, 16 Juni 2024 - 16:43 WIB
loading...
Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki 3 Kali Erupsi, Lontarkan Abu Vukanik Setinggi 800 Meter
Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami erupsi sebanyak 3 kali, Minggu (6/6/2024). Foto/Joni Nura
A A A
MAUMERE - Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami erupsi sebanyak 3 kali, Minggu (6/6/2024). Erupsi mengakibatkan hujan abu vulkanik setinggi 800 meter dan Bandara Frans Seda di Maumere ditutup sementara.

Erupsi Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki disertai gemuruh ini menyebabkan hujan abu di 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Sikka. Saat ini status Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki berada pada level III siaga dan warga diimbau menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

PVMBG merekomendasikan warga tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak gunung. Untuk sektor Timur Laut dalam radius 6 kilometer, mengingat adanya aliran lava pijar dari perut gunung.



Seorang warga mengatakan sudah mulai tidak nyaman karena setiap hari terjadi erupsi disertai gemuruh. Warga berharap Pemerintah Daerah Flores Timur cepat menganbil langkah cepat agar bisa membantu warga.

Sampai hingga saat ini erupsi masih terus terjadi. Warga di sekitar gunung belum mau mengungsi dan memilih bertahan di rumah.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2452 seconds (0.1#10.140)
pixels