Sambut Pemudik Pemilu, Basarnas Jateng Patroli di Jalan Tol

Selasa, 16 April 2019 - 11:25 WIB
Sambut Pemudik Pemilu, Basarnas Jateng Patroli di Jalan Tol
Sambut Pemudik Pemilu, Basarnas Jateng Patroli di Jalan Tol
A A A
SEMARANG - Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang ( Basarnas Jateng) menggelar patroli arus lalu lintas di tol Trans Jawa tengah (Jateng) maupun jalur pantura untuk menyambut gelaran akbar Pemilu 17 April. Diperkirakan arus lalu lintas meningkat karena banyak warga yang akan pulang ke kampung halaman untuk menggunakan hak pilih.

Patroli ini melibatkan satu tim rescue mobile yang dilengkapi peralatan pertolongan penanganan khusus kecelakaan lalu lintas. Waktu pelaksanaan patroli dari 16 hingga 21 April 2019. (Baca Juga: DPT Pemilu 2019 di Jawa Tengah 27.961.686 Pemilih)

"Sebagai antisipasi adanya peningkatan arus mudik masyarakat yang ingin melakukan pencoblosan dan juga liburan di kampung halaman, maka kami menggelar patroli ini," ungkap Kepala Basarnas Jawa Tengah, Aris Sofingi, Selasa (16/4/2019).

Tim patroli ini nantinya akan dibekali peralatan extrikasi yang biasa digunakan untuk melakukan evakuasi bila terjadi kecelakaan lalu lintas yang membutuhkan penanganan khusus.

"Kami mengharapkan masyarakat yang hendak mudik dan melakukan pencoblosan di kampung halaman akan merasa nyaman dan aman saat melintas di wilayah kerja kami," lanjut Aris.

Seperti kecelakaan yang mengakibatkan korban terjepit dan tidak bisa ditolong dengan cara biasa atau manual, maka Basarnas menyiagakan personel dengan kemampuan vehicle accident rescue (VAR) dalam patroli mobile tersebut.

"Dan tentunya juga tim juga telah dibekali kemampuan Medical First Responder atau MFR, sehingga bila terjadi kecelakaan, tim bisa segera memberikan bantuan medis sementara," pungkas dia.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7170 seconds (0.1#10.140)