Jajaran TNI AL Armada III Sorong Siap Amankan dan Sukseskan Pemilu 2019

Minggu, 14 April 2019 - 20:27 WIB
Jajaran TNI AL Armada III Sorong Siap Amankan dan Sukseskan Pemilu 2019
Jajaran TNI AL Armada III Sorong Siap Amankan dan Sukseskan Pemilu 2019
A A A
SORONG - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I NG Ariawan menegaskan, Komando Armada III, Pasmar-3, dan Pangkalan Utama TNI (Lantamal) XIV Sorong beserta jajaran siap mengamankan dan menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 17 April 2019.

“Seluruh prajurit harus selalu siap mendukung Polri dalam menjaga keamanan serta mengantisipasi munculnya berbagai bentuk anarkhisme yang mungkin terjadi sebagai ekses dari hasil pemilihan umum. Kita semua menaruh harapan besar untuk pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 ini dapat berlangsung dengan baik, damai, demokratis dan lancar,” katanya saat Apel Gelar Pasukan pengamanan Pemilu Komando Armada III, Pasmar-3, dan Lantamal XIV di Mako Koarmada III Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (14/4/2019).

Apel kesiapan juga dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, Komandan Guspurla Koarmada III Laksma TNI P Rahmat Wahyudi, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Henmanto, dan para pejabat utama Komando Armada III, Pasmar-3, dan LAntamal XIV Sorong.

Menurut Ariawan, untuk mengamankan dan menyukseskan pemilu serentak 2019, Koarmada III mengerahkan delapan Kapal Perang, antara lain KRI Yos Sudarso-353 yang ikut pada Apel kesiapan tersebut dan sejumlah pasukan yang telah disiapkan.

"Tugas Koarmada III bukan saja konsentrasi pasukan di darat, melainkan juga menyiapkan delapan KRI untuk pengamanan di laut. Sebab, jaminan stabilitas keamanan di Kota Sorong ini merupakan barometer bagi stabilitas keamanan pelaksanaan pemilu di daerah dan di pulau-pulau yang berada di wilayah Papua Barat," tegasnya.

Ariawan juga menegaskan bahwa sebagai prajurit TNI harus senantiasa menjunjung tinggi netralitas dan memilik tanggung jawab untuk menyukseskan pemilu. "Kita juga dituntut memiliki kesiapan dan kecepatan bergerak dalam mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya gangguan keamanan," tegasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7067 seconds (0.1#10.140)