alexametrics

Pemilu 2019, Ratusan Personel Dikerahkan Jaga di TPS

loading...
Pemilu 2019, Ratusan Personel Dikerahkan Jaga di TPS
Ratusan personel kepolisian dikerahkan untuk bersiaga di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Foto/M. Andi Yusri/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Sebanyak ratusan personel kepolisian dikerahkan untuk bersiaga di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) wilayah hukum Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Medan.

Hal itu disampaikan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto saat memimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Gedung Astaka, Jalan Williem Iskandar, Sabtu 13 April 2019.

Apel yang digelar jajaran Polrestabes Medan tersebut dikhususkan bagi pasukan yang bertugas mengamankan TPS saat pemilu 17 April mendatang.



Diikuti ratusan personil kepolisian, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto yang bertindak sebagai pimpinan apel, dalam arahannya mengatakan bahwa Apel Pergeseran Pasukan yang digelar tersebut berfokus pada pengamanan TPS saat hari H pencoblosan saat Pemilu nanti.

Sebab, pengamanan ekstra harus dilakukan guna menghindari hal-hal yang dianggap bisa mengganggu jalannya proses pemungutan suara.

"Segala kegiatan di TPS harus berjalan lancar. Sebab, hal tersebut menjadi tugas kita menciptakan kondisi yang kondusif agar masyrakat dapat menyalurkan hak suaranya dengan merasa nyaman. Bangun sinergitas dengan pihak terkait lainnya. Untuk itu, mari kita curahkan seluruh tenaga dan pikiran serta dedikasi kita untuk mengamankan jalannya pemilu di wilayah Polrestabes Medan. Selamat bertugas," terangnya.

Sementara itu, usai mengikuti apel, Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution didampingi Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan mengucapkan apresiasi atas digelarnya apel tersebut. Terlebih fokus pengamanan yang ditujukan adalah TPS. Sebab, bila pengamanan ditingkatkan dan personel dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, diharapkan Pemilu di Kota Medan dapat berjalan aman, lancar dan kondusif tanpa hambatan dan gangguan.

"Pemko Medan mengapresiasi apel yang digelar hari ini. Apalagi seluruh personel yang mengikuti apel tersebut memang difokuskan untuk menjaga dan mengamankan TPS. Semoga, kehadiran para personel nantinya di tiap-tiap TPS dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat untuk menggunakan hak suaranya di pemilu nanti," kata Sofyan.

Dia berharap, agar seluruh personel menyiapkan diri dan senantiasa saling berkoordinasi jika saat bertugas menemukan kendala.

"Persiapkan diri. Bekerjalah dengan penuh dedikasi, serta senantiasa saling berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait. Kami percaya, seluruh personel dapat menjaga kekondusifan Kota Medan. Mari kita jaga kemananan dan kenyamanan Medan Rumah Kita yang kita cintai ini," pungkasnya.

Selain apel, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan simulasi pengamanan TPS dan pengawalan surat suara. Dalam simulasi tersebut, digambarkan seluruh proses pengawalan surat suara, hingga cara pengamanan jika terjadi gangguan saat pencoblosan. Apel yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB tersebut berjalan lancar hingga seluruh rangkaian acara usai.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak