Jawi Papua Deklarasi Dukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin

Rabu, 10 April 2019 - 14:06 WIB
Jawi Papua Deklarasi Dukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin
Jawi Papua Deklarasi Dukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin
A A A
MANOKWARI - Ratusan Jawara Indonesia (Jawi) Papua Barat deklarasi membulatkan tekad mendukung pasangan 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin. Deklarasi tersebut digelar di Lapangan Maibuki Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, Selasa (9/4/2019).

“Tadi Deklarasi Jawara Indonesia untuk Jokowi-Ma’ruf Amin, Alhamdulilah lancar telah sukses,” kata Korwil Jawi Papua Barat, Darto Saifudin dalam keterangan persnya, Selasa (9/4/2019) malam.

Selain deklarasi, acara tersebut juga diisi dengan aktraksi dari berbagai perguruan pencak silat di Papua Barat.
“Selanjutnya langsung penampilan kesenian rakyat dalam hal ini seruling tangkur yang masyarakat asli Papua Barat,” terangnya.

Darto membeberkan alasan kenapa warga Papua dan Papua Barat memilih Jokowi. Beberapa di antaranya karena Jokowi telah menanamkan investasi moral dan investasi kesejahteraan rakyat khususnya Papua dan Papua Barat.

“Contoh kasus Freeport. Jokowi telah mengambil saham perusahaan itu sehingga saham Freeport sekarang dimiliki Pemerintah Indonesia. Dengan ini, Jokowi membuktikan bahwa tidak ada istilah ketidakadilan untuk Indonesia Timur. Jokowi telah membuktikannya,” tegasnya.

Darto juga menyinggung keberhasilan Jokowi lainnya yaitu Trans Papua antara Papua dan Papua Barat sudah terhubung. Imbasnya perekonomian meningkat, menumbuhkembangkan pariwisata dan ekonomi kerakyatan. “Jokowi telah berhasil. Kalau ada yang lebih pengalaman kenapa memilih yang coba-coba,” katanya.

Sementara itu Ketua Umum Pagar Nusa, M Nabil Haroen tidak menyangka dukungan Jawi untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin begitu besar. Dalam waktu singkat, deklarasi dilakukan oleh Jawi di daerah-daerah, baik yang terekspos media maupun tidak. "Aspirasi ini tentu harus dikelola dengan baik sehingga dukungan kepada pasangan 01 semakin kuat," ujarnya.

Dukungan Jawi terhadap Jokowi-Ma`ruf Amin tidak hanya dilakukan di Indonesia. Di Hong Kong dan Malaysia juga melakukan hal serupa. "Mereka menaruh harapan besar jika Jokowi-Ma`ruf Amin diberikan kesempatan untuk kembali memimpin maka perhatian terhadap seni dan budaya, khususnya seni bela diri pencak silat akan lebih diperhatikan lagi," ujarnya.

Dukungan Jawi terhadap Jokowi-Ma`ruf Amin tentu beralasan mengingat sudah beberapa kali Jokowi menghadiri perhelatan pencak silat. Pagar Nusa pun beberapa kali mengawal Jokowi sehingga hubungan emosional sudah dekat. “Diperkirakan mencapai 5 juta anggota Jawi mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin," tandasnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0691 seconds (0.1#10.140)