alexametrics

Tingkatkan Minat Baca, Pegiat Literasi Bangka Hadirkan Motor Kacili

loading...
Tingkatkan Minat Baca, Pegiat Literasi Bangka Hadirkan Motor Kacili
Pegiat literasi asal Kabupaten Bangka menjelaskan tentang Motor Kacili dalam Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasis dan Berdedikasi tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (9/4/2019). FOTO/IST
A+ A-
PANGKALPINANG - Pegiat literasi di Bangka Belitung berusaha keras meningkatkan minat baca masyarakat yang masih tergolong minim. Beragam strategi dilakukan agar warga gemar membaca, salah satunya melalui Motor Kacili.

Motor Kacili atau Motor Kancil Literasi adalah salah satu upaya Rumah Baca Atap Langit di Desa Mesu Timur, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka mendekatkan buku kepada masyarakat. Motor Kacili berkeliling wilayah membawa buku yang bisa dipinjam oleh warga.

"Ini sebagai bentuk upaya mengenalkan dan mendekatkan buku kepada masyarakat," kata Poni Auri, penggagas Rumah Baca Atas Langit Kabupaten Bangka dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/4/2019).



Menurutnya, meski saat ini era digital, buku-buku bisa dengan mudah diunduh, tapi ternyata hal itu tidak serta merta meningkatkan minat baca masyarakat. Masih dibutuhkan kehadiran buku secara fisik untuk merangsang warga untuk gemar membaca.

"Nah Motor Kacili ini sebagai moda transportasi keliling untuk menitipkan buku di rumah-rumah warga," katanya.

Upaya yang dilakukan Poni Auri dan teman-teman di Rumah Baca Atap Langit mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Motor Kacili ditampilkan dalam Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasis dan Berdedikasi tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang digelar di Grand Vella Hotel selama tiga hari, Senin-Rabu (8-10/4/2019). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak