alexametrics

Sungai Ciasem Meluap, 850 Rumah di Subang Terendam Banjir

loading...
Sungai Ciasem Meluap, 850 Rumah di Subang Terendam Banjir
Sudah dua hari sekitar 850 rumah dan areal pertanian di Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat, terendam banjir. SINDOnews/Didin Jalaludin
A+ A-
SUBANG - Sudah dua hari sekitar 850 rumah dan areal pertanian di Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat, terendam banjir. Bencana tersebut terjadi karena meluapnya sungai Ciasem menyusul tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Minggu malam.

Kantor Kecamatan Ciasem mencatat, ada sebanyak 850 rumah warga yang terendam banjir. Warga yang paling terdampak banjir berada di Desa Dukuh, jumlah rumah yang terendam di desa itu mencapai 523 unit.

Sisanya 150 unit rumah di Desa Ciasem Tengah, 100 unit rumah di Desa Ciasem Hilir, 50 unit rumah di Desa Sukamandijaya, dan 20 unit rumah di Desa Jatibaru. Hingga Selasa (9/4/2019) sore banjir masih terjadi. Ketinggian air yang sebelumnya mencapai hampir satu meter kini mulai surut dan sudah mencapai sekitar 50 cm.



Kondisi ini menyebabkan aktivitas warga lumpuh. Banjir juga menyebabkan pelayanan publik di sejumlah kantor desa terganggu. Bahkan ada sekolah yang sementara diliburkan, terutama sekolah dasar.

“Melihat jumlah rumah dan fasilitas umum yang terendam cukup banyak, bisa dibilang banjir kali ini merupakan banjir terbesar,” kata Camat Ciasem, Ubi Kurtubi, Selasa (09/04/2019).

Selain itu, selain rumah ratusan hektare areal pertanian di Kecamatan Ciasem juga terendam banjir. Dampaknya, sebagian besar tanaman padi dipastikan rusak. Kasie Kedaruratan Bencana BPBD Subang Darmono menyebutkan, ada sedikitnya 100 hektare areal pertanian yang terendam.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak