alexametrics

Sungai Cimanuk Meluap, Ratusan Rumah di Indramayu Terendam

loading...
Sungai Cimanuk Meluap, Ratusan Rumah di Indramayu Terendam
Akibat sungai Cimanuk meluap, ratusan rumah di tiga desa di Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terendam banjir. iNewsTV/Toiskandar
A+ A-
INDRAMAYU - Akibat sungai Cimanuk meluap, ratusan rumah di tiga desa di Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terendam banjir. Banjir juga merendam jalan-jalan desa dengan ketinggian air sekitar 80 centimeter, Senin (8/4/2019).

Sungai Cimanuk yang ada di Desa Plumbon, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, meluap dengan cepat. Air melintasi tanggul sungai setinggi 1,5 meter dan meluas masuk ke permukiman warga.

Selain di Desa Plumbon, banjir juga merendam rumah di dua desa lainnya, yakni di Desa Dukuh serta Desa Pekandangan Jaya. Data yang dihimpun Polres Indramayu dan BPBD Indramayu menyebutkan, sedikitnya ratusan rumah terendam dan kemungkinan bertambah.



Banjir juga merendam jalan-jalan desa, sehingga menyulitkan warga beraktivitas. Sungai Cimanuk meluap sejak pukul 8.00 WIB. Warga yang melihat debit air sungai Cimanuk makin deras langsung bergotong royong membuat tanggul darurat berupa karung berisi tanah dibantu petugas kepolisian serta BPBD Indramayu. “Namun, tanggul tersebut tak mampu membendung derasnya air yang meluap,” kata Darsono, warga setempat.

Kapolres Indramayu beserta Dandim 0616 Indramayu datang ke lokasi mengecek titik-titik lokasi luapan air sungai Cimanuk. “Personel TNI dan Polri juga akan menyiapkan tenda darurat di lokasi yang aman dan melakukan pemantauan serta pengaman di lokasi banjir,” kata Kapolres Indramayu AKBP Mohammad Yoris Marzuki.

Sampai saat ini ratusan kepala keluarga yang rumahnya terendam masih bertahan di lokasi. Sementara, hingga siang ini air kiriman dari Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka masih terus mengalir di aliran sungai Cimanuk dan belum ada tanda-tanda akan surut.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak