alexametrics

KPU Pangandaran Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

loading...
KPU Pangandaran Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangandaran menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 16 Dusun Kalapatiga, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (4/4/2019). SINDOnews/Syamsul Maarif
A+ A-
PANGANDARAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangandaran menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 16 Dusun Kalapatiga, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (4/4/2019).

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan, pada simulasi tersebut, KPU menggunakan standar yang akan digunakan saat pemungutan dan penghitungan suara yang bakal dilaksanakan Rabu 17 April 2019 mendatang. "Simulasi ini sama persis dengan aslinya, sekitar pukul 07.00 WIB para pemilih akan mulai berdatangan ke area TPS 16," katanya.

Pada simulasi tersebut melibatkan warga sekitar TPS dari berbagai unsur, di antaranya pemilih pemula, pemilih yang berusia diatas 60 tahun. "Calon pemilih diarahkan langsung ke meja daftar hadir pemilih dan selanjutnya melakukan pemeriksaan seperti penyesuaian KTP dan formulir C6," tambahnya.



Pemeriksaan tersebut guna mensinkronkan berkas sesuai dengan DPT atau tidak dan jari tangan calon pemilih pun diperiksa. Setelah tahapan tersebut pemilih harus tanda tangan kedatangan dengan formulir C7 yang disesuaikan dengan jenis kelamin.

"Pemilih juga menerima nomor urut panggilan, namun pemilih harus menunggu giliran pencoblosan di tempat yang sudah disiapkan," sebutnya.

Setelah prosesi pencoblosan di bilik suara, pemilih memasukkan kertas suara yang telah dicoblos ke dalam kotak suara sesuai dengan warna. "Simulasi ini bertujuan mengecek kesiapan dari penyelengara pemilu dan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan waktu yang dibutuhkan setiap tahapan pemungutan dan penghitungan suara," terangnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak